Pemerintah Adakan Kompetisi Pembuatan Gapura untuk Peringati HUT RI ke-74

0

Teritorial.com – Pemerintah akan menggelar kompetisi unjuk kreativitas dengan tajuk “Festival Gapura Cinta Negeri” dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 RI pada tanggal 17 Agustus 2019.

Menurut pihak penyelenggara, acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan, mengembangkan persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan nilai nasionalis seperti dikutip dari laman instagram @festivalgapura.

Bagi pemenang yang mengikuti kompetisi ini, akan mendapatkan hadiah menarik yaitu pemenang akan diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo juga turut mempromosikan acara ini di akun instagramnya dengan mengajak pengikutnya untuk memeriahkan hari kemerdekaan dengna Festival Gapura Cinta Negeri.

Direktur Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan Kementerian Dalam Negeri, Prabawa Eka Soesanta menjelaskan, lomba mempercantik gapura ini akan berlangsung 17 Juli-17 Agustus.

Masyarakat bisa mengakses segala yang berkenaan kegiatan ini dalam situs resmi panitia yaitu www.gapuracintanegeri.com.
Berikut beberapa hal yang perlu diketahui oleh peserta acara Festival Gapura Cinta Negeri:

1. Cara mengikuti lomba
a. Segera daftarkan gapura anda di festival ‘Gapura Cinta Negeri’
b. Periode pengiriman 17 Juli – 17 Agustus 2019
– Upload 10 foto ke gapuracintanegeri.com (4 foto kemeriahan proses pembangunan gapura dan 6 foto          gapura)
– Maksimal 1MB/foto, beserta identitas perwakilan peserta, dan bukti                                                                        kepegawaian/karyawan/keanggotaan khusus untuk kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi.
c. Post foto dan video kemeriahan pembangunan gapura di media social menggunakan hashtag                          #GapuraCintaNegeri dan mention ke @festivalgapura.
d. 10 gapura pemenang kategori umum dan 3 gapura pemenang kategori ‘                                                                 lembaga/instansi/perusahaan/organisasi akan diundang untuk bertemu langsung dengan PRESIDEN             JOKO WIDODO.
e. Hadiah bagi pemenang
– 1 PIALA PRESIDEN BERGILIR untuk Gapura Terbaik dari Kategori Umum dan uang senilai 250 juta rupiah
– 1 piala untuk Gapura Favorit pilihan netizen dan uang senilai 100 juta rupiah
– 3 piala untuk Gapura Pemenang dari Kategori Lembaga/ Instansi/ Perusahaan/ Organisasi dan uang              senilai 50 juta rupiah per pemenang
– 10 piala untuk Gapura Pemenang dari Kategori Umum dan uang senilai 50 juta rupiah per pemenang

2. Kriteria Penilaian
a. Relevansi dengan tema CINTA NEGERI
b. Nilai seni dan estetika
c. Kreativitas visual
d. Kreativitas penggunaan bahan
e. Orisinalitas ide

3. Syarat & Ketentuan
a. Lokasi penilaian gapura Indonesia berada di wilayah Republik Indonesia
b. Peserta merupakan perwakilan kelompok masyarakat setingkat RT atau RW untuk kategori umum dan          perwakilan karyawan/ pegawai untuk kategori lembaga/ instansi/ perusahaan/ organisasi
c. Penilaian berdasarkan relevansi tema orisinalitas ide, nilai seni, estetika, kreativitas visual, kreativitas              produksi, semangat gotong royoing dan kebersamaan
d. Tema perlombaan ‘Cinta Negeri’
e. Karya harus menyertakan logo HUT RI Ke – 74 yang dapat diunduh di website                                                        www.gapuracintanegeri.com Selain itu, tambahkan unsur ‘Keindonesiaa’ terdiri atas: bendera merah            putih, lambang negara Garuda Pancasil, dan motif kedaerahan Indonesia
f. Khusus untuk gapura yang bersifat non permanen, gapura berdiri tegak sekurang-kurangnya sampai             dengan tanggal 17 September 2019
g. Hasil karya yang dibangun tidak mengandung unsur sara, pornografi, politik, ormas
h. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: