YPA-MDR Konsisten di Jalur Pendidikan

0

Jakarta, Teritorial.Com – Pendidikan merupakan salah satu bidang kehidupan yang sangat penting. Hal ini terkait pula dengan fungsi dari pendidikan sebagai landasan menyiapkan generasi mendatang demi masa depan bangsa. Yayasan Pendidikan Astra -Michael D. Ruslim (YPA-MDR) adalah institusi yang peduli dengan masalah pendidikan di Tanah Air, terutama di daerah prasejahtera.

Kiprah YPA-MDR dalam menjalankan program pendidikan, perlu bersinergi dengan media massa. Kerjasama yang telah terjalin selama ini akan semakin di pererat dengan saling menjaga tali silahturahmi dalam pertemuan yang berkala. “Kami sangat bangga bisa bertemu dengan rekan media. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kerja sama dan silahturahmi yang baik antara manajemen YPA-MDR dengan media serta membahas isu-isu terkini terkait dunia pendidikan dalam mewujudkan peningkatan mutu pendidikan di daerah prasejahtera,” ujar Head of Corporate  Communication PT Astra International Tbk, Boy Kelana Soebroto saat acara Media Luncheon di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Sementara itu pendidikan di masyarakat prasejahtera menjadi sasaran utama menyusul banyaknya anak-anak usia sekolah terancam putus sekolah karena keterbatasan biaya. Kondisi inilah yang membuat YPA-MDR untuk mendorong pendidikan yang bermutu bagi generasi muda yang mandiri dan nantinya peduli untuk membangun daerahnya. “Melalui program pembinaan, YPA-MDR secara berkomitmen untuk tetap berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan Indonesia di wilayah prasejahtera,” kata Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo.

YPA-MDR berupaya meningkatan kualitas pendidikan di daerah prasejahtera melalui empat pilar pembinaan yaitu akademis, karakter, kecakapan hidup dan seni budaya sehingga menjadi Sekolah Swapraja menuju Sekolah Unggul.

Sejak tahun 2006 hingga kini, YPA-MDR telah membina 90 sekolah negeri, 1.107 guru dan 17.946 siswa, yang terdiri dari 66 SD, 19 SMP dan 5 SMK yang terletak di Lampung Selatan, Bogor, Serang, Gunungkidul, Bantul, Pacitan, Kutai Barat, Kupang, Rote Ndao, Kapuas dan Barito Utara.

Program bantuan yang diberikan oleh YPA-MDR kepada sekolah-sekolah binaan meliputi: Pembinaan yang meliputi empat pilar yakni pembinaan akademis, pendidikan karakter, kecakapan hidup dan seni budaya menuju kepada sekolah unggul.

Sarana penunjang pendidikan seperti buku pelajaran untuk siswa, buku pegangan untuk guru, buku perpustakaan, perangkat UKS serta alat peraga dan media pembelajaran. Penambahan prasarana ruangan dan renovasi gedung sekolah berikut mebel agar kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan berkualitas.

Pada 2019, YPA -MDR  akan memiliki sejumlah program pembinaan yang digagas untuk dunia pendidikan Indonesia. Program – program tersebut antara lain, penambahan sekolah binaan baru sejumlah 14 sekolah di daerah Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah yang merupakan kolaborasi program bantuan Pendidikan dengan PT Pamapersada Nusantara wilayah Kalimantan Tengah.

“Dengan demikian jumlah sekolah binaan Astra di wilayah prasejahtera pada tahun ini menjadi 91 sekolah binaan mulai dari tingkat SD, SMP dan SMK,” kata Herawati. Selain itu adanya program periode pemantapan prestasi, periode yang akan dimulai 2020 dan seterusnya, yang dicanangkan sebagai era pencapaian prestasi yang membanggakan bangsa dan sekolah yang berwawasan global.

Herawati menambahkan melalui konsep pembinaan empat pilar itu, YPA-MDR berkomitmen untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) secara nasional bahkan internasional melalui peningkatan kualitas pendidikan di wilayah prasejahtera di Indonesia.

Sekilas Tentang YPA-MDR

Yayasan Pendidikan Astra  – Michael D. Ruslim (YPA MDR) yang berdiri sejak tahun 2009 merupakan  salah satu yayasan dari 9 yayasan yang dimiliki PT. Astra International Tbk yang bergerak di bidang layanan pendidikan, sebagai salah satu pelaksana tugas CSR, khususnya pilar Astra untuk Indonesia Cerdas. Visi, Misi dan Goal YPA-MDR adalah menjadi lembaga yang mewujudkan Sekolah Unggul di daerah prasejahtera dan yang mampu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas sebagai agent of change menuju masyarakat sejahtera. Pola pembinaan yang dilakukan berdasarkan 4 Pilar, yang meliputi Pilar Akademis, Pilar Karakter, Pilar Kecakapan Hidup dan Pilar Seni Budaya.

Sesuai dengan butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara,” YPA-MDR memiliki visi untuk menjadi lembaga sosial yang terkemuka dan kredibel di bidang pendidikan, khususnya di daerah prasejahtera agar seluruh elemen pendidikan mampu meningkatkan kualitas dari segi akademik, intelektual dan kompetensi kecakapan hidup, seni budaya serta memiliki karakter yang didasarkan pada nilai luhur Bangsa Indonesia yang majemuk sebagai bagian dari Sistem Pendidikan Nasional.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: