Adi Soemarno Jadi Contoh Bandara Ramah Lingkungan Ke 2 di Dunia

0

Hongkong, Teritorial.Com – Bandara Adi Soemarno, Solo, Jawa Tengah, terpilih sebagai percontohan dalam pengembangan bandara ramah lingkungan oleh Asosiasi Bandara Internasional (Airport Council International/ACI).

‎Gugus Tugas Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Kleopas Danang Bintoroyakti, mengatakan ‎saat ini baru dua bandara yang dipilih sebagai bandara percontohan untuk proyek ramah lingkungan. Selain, Adi Soemarmo, bandara di Ekuador yaitu Quito juga terpilih sebagai proyek percontohan dari program ini.

“Ini pertama di Asia Pasifik dan kedua di dunia. Pertama itu Ekuador. Solo siap, karena Solo sudah punya penghargaan nasional sebagai bandara sehat. Mereka sudah punya sistem environmental yang bagus,” ujar dia di Hong Kong, Sabtu (22/9/2018).

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I Devi Suradji mengungkapkan, masalah lingkungan saat ini menjadi perhatian bagi banyak pihak. 

Namun demikian, komitmen untuk menciptakan bandara yang ramah lingkungan tidak mudah untuk dijalankan lantaran banyak hal yang harus dibenahi.

“Apa yang nampak bersih belum tentu environmental friendly. Apa yang nampak hijau belum tentu sustainable. Komitmen lingkungan ini komitmen yang tidak mudah dijalankan. Karena ini macam-macam mulai dari energi, air, limbah, polusi, ini semua harus diukur dengan baik,” kata dia.

Dia menjelaskan, saat ini ACI menyusun APEX untuk program lingkungan. Bandara Adi Soemarmo salah satu bandara yang dijadikan proyek percontohan.

“Saat ACI datang ke Solo, kami selayaknya mendapatkan konsultasi. Apa yang belum kami terapkan dan apa yang sudah kami terapkan. Apa juga sudah advance (lebih dulu) kami terapkan. ACI juga mendapat masukan dari pengembangan Bandara Adi Sumarmo‎. S‎udah dievaluasi selama tujuh hari. Kita sedang menunggu rekomendasi dari mereka,” ujar dia.

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: