Gunung Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 6.000 Meter

0

Magelang, Teritorial.Com – Gunung Merapi kembali erupsi dan mengeluarkan awan panas pagi ini sekitar pukul 05.22, Selasa (3/3). Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta melaporkan letusan terjadi selama 450 detik dan menyebabkan munculnya kolom abu setinggi 6.000 meter atau 6 kilometer dari kawah gunung.

“Erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 450 detik. Teramati tinggi kolom erupsi ± 6.000 meter dari puncak,” tulis BPPTKG melalui akun Twitternya.

Selain itu, awan panas juga dilaporkan muncul ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak maksimal 2 kilometer. Adapun arah angin saat erupsi menuju ke utara.

BPTTKG Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada, dimana status ini telah ditetapkan sejak 21 Mei 2018.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan menjelaskan kendati terjadi erupsi, evakuasi warga masih belum diperlukan. Namun, saat ini jarak 3 kilometer dari puncak sudah dikosongkan.

“Belum perlu evakuasi warga. Warga sudah siaga di titik kumpul. Daerah bahaya dikosongkan 3 kilometer,” ucapnya.

Sebelumnya, Merapi mengalami erupsi terakhir kali pada Kamis (13/2) pagi. Erupsi itu terjadi sekitar pukul 05.16 WIB.
Saat itu, tinggi kolom abu mencapai 2 kilometer dengan arah angin mengarah ke barat laut.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: