Kerusuhan di Jayapura Meluas, Markas TNI AL dan Yonif 751 Jadi Tempat Warga Mengungsi

0

Jayapura, Teritorial.com – Asap membubung ke langit dari sejumlah bangunan yang terbakar saat berlangsungnya aksi unjuk rasa di Jayapura, Papua, Kamis (29/8/2019).

Kerusuhan terjadi di Jayapura, Papua terus meluas dimana ribuan massa yang berunjuk rasa mulai bertindak anarkistis pada Kamis (29/8/2019). Akibat aksi tersebut selain perekonomian lumpuh, ratusan warga Jayapura mengungsi di tiga titik diantaranya di Markas Yonif 751 Sentani, Kodam baru dan Markas TNI AL di Entrop. Warga was was terjadi bentrok dengan massa pendemo yang bertindak anarkistis.

Setelah membakar Kantor Majelis Rakyat Papua, pertokoan di Kawasan Papua Trade Center dan Lapas Abepura massa juga melakukan pengrusakan dan pembakaran terhadap gedung pemerintahan, rumah maupun hotel. Salah satunya di Seputaran Expo Waena. Dimana massa pendemo sudah anarkistis dan mobil polisi di Expo Waena dibakar.

Bahkan massa pendemo juga melakukan tindakan anarkistis dengan melempari Polsek Jayapura Selatan (Polsek Entrop). Massa juga melakukan penyerangan ke Polsek KP3 Laut dan melakukan pembakaran pelabuhan konteiner. Dilaporkan kantor Bea Cukai dan Kantor Karantina juga ikut terbakar.

Hingga berita ini diturunkan belum mendapat konfirmasi dari Aparat Keamanan. Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto yang dihubungi melalui ponselnya tidak aktif.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: