Polres Bogor Perketat Patroli, Angka Kriminal Jalanan Menurun

0

Bogor, Teritorial.Com – Upaya penanganan kasus tindak kejahatan di jalan raya dan fasilitas umum tak hentinya diberlakuka. Polres Bogor mengklaim berhasil menekan angka kasus kejahatan jalanan dalam beberapa bulan terakhir.

Bahkan, kasus semacam begal maupun pencurian dengan kekerasan (curas) di Kabupaten Bogor ini dalam beberapa bulan terakhir, relaif sepi bahkan turun drastis. “Begal atau curas ini kita tekan, sejak sebelum Ramadhan, bahkan angkanya sudah menurun, bisa dikatakan hampir tidak ada,” kata Kapolres Bogor AKBP AM Dicky di Mapolres Bogor Jawa Barat, Jumat (13/7/2018).

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan pencegahan berupa patroli secara intensif baik, dalam skala kecil maupun besar. “Patroli atau operasi dalam skala besar itu, dilakukan seluruh jajaran,” jelasnya. Terkait tindakan tegas dari kepolisian terhadap para pelaku begal itu, menurutnya tergantung dari para pelakunya. “Jika pelakunya mengancam dan melawan petugas atau melarikan diri saat hendak ditangkap, tentu kita lakukan tindakan tegas secara terukur,” jelasnya.

Masih kata Dicky, kondisi seperti saat ini terkait belum adanya kasus curas yang menarik perhatian publik seperti daerah lain, dapat berlangsung seterusnya. “Ya, mudah-mudahan tidak terjadi dengan begitu kita akan terus melakukan pencegahan, seperti patroli dan lain-lain,” katanya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat, agar berhati-hati saat di rumah maupun diperjalanan. Terutama untuk selalu waspada dan menghindari kasus kejahatan jalanan ini. “Misalnya, berhati-hati terkait barang bawaan dan bagaimana cara membawanya itu harus diperhatikan. Sebab pelaku curas itu, sebelum melakukan aksi melakukan perencanaan juga,” katanya.

Hal senada diungkapkan, Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Benny Cahyono. Kata dia, penurunan kasus kejahatan jalanan atau begal di Kabupaten Bogor ini ada beberapa faktor. “Salah satunya responsif aparat kepolisian, mulai dari Polsek hingga Polres kita melakukan operasi rutin, bukan hanya seminggu sekali tapi setiap hari,” katanya.

Operasi tersebut sebagai bentuk pencegahan, bukan hanya fokus pada kejahatan jalanan. “Intinya dengan menurunnya kasus kejahatan jalanan ini, kita akan terus intensifkan operasi rutin,” jelasnya. (SON)

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: