Satgas Tinombala Berhasil Evakuasi Warga yang Akan Melahirkan Dengan Helikopter

0

Tinombala, Teritorial.com – Satuan Petugas (Satgas) Tinombala berhasil mengevakuasi Heriani, warga Dusun Tagara Atas yang akan melahirkan, di Dusun Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong. Heriani tiba dengan selamat di Puskesmas Sausu dengan menggunakan helikopter.

Dusun Salubanga merupakan salah satu daerah operasi Satgas Tinombala untuk memburu kelompok MIT Poso, pimpinan Ali Kalora. Dusun ini sangat terpencil, tidak bisa diakses menggunakan kendaraan roda empat.

Menurut Kasubbid Penmas Polda Sulteng, Kompol Sugeng Lestari, evakuasi Heriani dilaksanakan saat personel Satgas Tindak Tinombala dorlog dari Yonif 714 menuju Dusun Salubanga Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Sulawesi Tengah, Sabtu (27/7). Dorlog tersebut dipimpin oleh Mayor CPN Andung Riyadi yang melibatkan 5 kru helikopter dan 2 pers Satgas Tindak Tinombala.

Saat sedang menurunkan personel serta logistik di Dusun Salubanga sekitar pukul 07.45 WITA, ada permintaan bantuan dari Danpos Air Teh. Kata Lettu Inf Handarwoko, ada warga yang butuh evakuasi cepat menuju Puskesmas Sausu dikarenakan akan melahirkan. Saat itu Heriani dan bayinya dalam kondisi kritis karena sebagian badan dari bayinya masih tertinggal di dalam kandungan. Hal itu terjadi lantaran di wilayah tersebut tidak terdapat tenaga medis.

Seorang ibu hendak melahirkan saat di evakuasi melalui jalur udara menggunakan helikopter milik TNI pada Sabtu (27/7) di Kabupaten Parigi Moutong. Foto: Istimewa
Awalnya, kendaraan roda 4 jenis Jeep akan dikirim ke sana tetapi membutuhkan waktu 5 jam perjalanan menuju Puskesmas Sausu. Akhirnya, helikopter pun kembali terbang menuju Dusun Air Teh dengan waktu tempuh 1 menit dari Dusun Salubanga.

“Heli tiba di Dusun Air Teh pada pukul 08.00 WITA sambil menunggu proses evakuasi Heriani dari Dusun Tagara dengan waktu tempuh menuju Dusun Air Teh kurang lebih 45 menit perjalanan menuju Dusun Air Teh,” katanya kepada PaluPoso, Minggu (28/7).

Dia mengatakan, setibanya Heriani di Dusun Air Teh pada pukul 09.00 WITA, helikopter yang dipimpin oleh Mayor Andung Riyadi itu langsung melaksanakan evakuasi menuju Desa Sausu dengan waktu tempuh kurang lebih 6 menit perjalanan udara.

“Setibanya di Desa Sausu, Heriani langsung disambut oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Sausu untuk dilakukan tindakan lebih lanjut oleh petugas kesehatan setelah dikoordinasikan oleh Danpos Air Teh atas nama Lettu Inf Handarwoko,” ujar Sugeng.

Heriani telah melahirkan dalam keadaan selamat. Ia dan bayinya dalam kondisi sehat. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu diberi nama Muhammad Helly Perkasa. Kemudian pihak keluarga mengucapkan terima kasih kepada Satgas Tinombala yang telah membantu dalam proses evakuasi persalinan.

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: