Bedanya LRT, MRT dan KRL atau Commuter Line

0

Jakarta, Teritorial.com – Light Rail Transit atau LRT akan mengadakan uji publik pada tanggal 11 Juni 2019.

Masyarakat yang ingin mengikutinya dapat melakukan registrasi terlebih dahulu.

Registrasi dapat dilihat langsung pada postingan akun instagram resmi LRT Jakarta @lrtjkt.
Masih banyak masyarakat yang bingung, apa sebenarnya perbedaan MRT dan LRT?

Bahkan, musikus senior Iwan Fals mengaku masih bingung membedakan dua moda transportasi tersebut.

“Saya masih agak bingung antara MRT & LRT, sama-sama kereta kan…apa ya bedanya…?” Tulis Iwan Fals di akun Twitter @iwanfals, Selasa (2/4/2019).

PT Adhi Karya melalui akun Instagram @adhikaryaid, menjelaskan perbedaan dari ketiga moda transportasi berbasis rel yang telah dan akan beroperasi di wilayah Jakarta, yakni LRT dan MRT.

Light Rail Transit (LRT) atau Kereta Api Ringan mengacu pada beban ringan dan bergerak cepat.

Meskipun MRT dan KRL memilki daya angkut lebih besar, MRT dapat memindahkan penumpang melalui operasi rute yang lebih banyak.

Selain itu, kelebihan dari moda transportasi MRT ini sistem perlintasannya dibuat melayang, sehingga tidak memiliki konflik sebidang yang sering ditemukan di lintasan KRL.

Karenanya, “headway” atau jarak antar kereta dapat dipastikan waktunya.
Proyek-proyek MRT saat ini, antara lain LRT Jabodetabek yang dibangun oleh ADHI, lalu MRT Jakarta oleh @ptwujayakarya dan LRT Palembang oleh @waskita_karya.

Kemudian Mass Rapid Transit (MRT) merupakan tranportasi dengan transit cepat, memiliki daya angkut yang lebih besar dari LRT.

saat ini proyek MRT di Jakarta, yaitu @mrtjkt. Pengerjaannya dibangun oleh Shimizu-Obayashi-@ptwijayakarya-jaya Kontruksidan SMCC_@hutamakarya.

Perlintasan MRT dibuat melayang dan bawah tanah, sehingga meminimalisir pertemuan dengan konflik sebidang. sama halny dengan LRT.

Sedangkan Commuter Line atau Kereta Rel Listrik yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1925, merupakan kereta rel yang menggunakan sistem propulsi motor listrik sebagai penggerak keretanya.

KRL yang melayani rute Jabodetabek ini seringkali bertemu konflik sebidang dengan penyebrangan jalur kendaraan mobil dan motor.

Angkutan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta beroperasi secara komersial mulai Senin (1/4/2019).

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul “Ini Beda MRT dan LRT yang Masih Dibingungkan Iwan Fals”

Share.

Comments are closed.