World Indonesia Scholarship (WISH) Festival 2019 “Kegiatan Beasiswa Terbesar di Indonesia”

0

Jakarta, Teritorial.com – World Indonesia Scholarship (WISH) Festival 2019 merupakan platform kegiatan beasiswa tahunan yang dirumuskan dari kolaborasi & kontribusi inisiatif dari Indonesian Scholarship Network (ISN), Mata Garuda (Ikatan Alumni Penerima Beasiswa LPDP), Sahabat Beasiswa, Indonesian Scholarship  Community (ISC) dan berbagai organisasi/ komunitas yang bergerak di bidang pendidikan dan beasiswa.

WISH Festival 2019 hadir sebagai kegiatan sosial untuk mendukung “Gerakan Nasional
Masyarakat Peduli Beasiswa”.

Kegiatan ini melibatkan lebih dari ≥1000 alumni beasiswa LPDP dan alumni dari berbagai program beasiswa di 21 kota/ provinsi yang berkontribusi secara sukarela sebagai panitia pelaksana dan narasumber.

Kegiatan ini juga ditargetkan mendatangkan lebih dari 100 lembaga penyedia beasiswa di Indonesia, serta lebih dari 200 lembaga pendidikan dalam & luar negeri.

Pada tahun 2019 ini, WISH berkomitmen dan berupaya untuk memperluas jangkauannya melalui penyelenggaraan kegiatan secara roadshow di 21 kota/ provinsi di Indonesia mulai tanggal 20 April 2019 s.d 27 Oktober 2019. (Jawa Timur – Sumatera Barat – Jawa Barat – Lampung – Riau – Sumatera Utara – Aceh – Papua – Sulawesi Selatan – Gorontalo – Maluku Utara – Jawa Tengah – Kalimantan Barat – Kalimantan Timur – Kalimantan Selatan – Nusa Tenggara Timur – Nusa Tenggara Barat – Bali – Sumatera Selatan – Yogyakarta -Jakarta).

Dengan kegiatan roadshow ini, WISH diharapkan dapat meningkatkan literasi dan pemerataan informasi beasiswa yang ada di dunia agar dapat menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia, baik beasiswa dari lembaga pemerintah, kedutaan asing, perusahaan swasta, yayasan serta N.G.O.

Pada acara puncak WISH Festival 2019 di Jakarta bulan oktober mendatang, akan
diselenggarakan kegiatan Indonesia Scholarship Award, yang bertujuan untuk
memberikan penghargaan terhadap lembaga-lembaga penyedia beasiswa di Indonesia yang selama ini telah berkontribusi dalam pembangunan SDM di Indonesia.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap lembaga penyedia beasiswa. Tidak hanya apresiasi terhadap lembaga penyedia beasiswa, pada puncak acara tersebut juga akan diadakan kegiatan pemilihan Duta Beasiswa Indonesia (Scholarship Ambassador), dimana kegiatan ini memiliki tujuan untuk memberikan apresiasi terhadap alumni penerima beasiswa yang memiliki kontribusi positif untuk masyarakat sekitarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi generasi milenial saat ini akan semangat
untuk belajar dan mengejar cita-cita pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui
beasiswa.

Dengan tema kegiatan: “Peran beasiswa dalam pembangunan SDM bangsa,di era milenial menuju Indonesia emas 2045”, harapannya kegiatan ini menjadi salah satu langkah yang tepat guna sdalam mewujudkan cita-cita besar Indonesia yaitu untuk mempersiapkan “Generasi Emas Indonesia di Tahun 2045”.

Hal tersebut sejalan dengan salah satu kunci keberhasilan dari pengembangan sumber daya manusia pada negara maju dengan memberikan beasiswa secara merata dan berkelanjutan untuk setiap lapisan di masyarakat.

Semangat inilah yang ingin disebar oleh WISH Festival 2019 untuk para pemuda di Indonesia, seperti yang diutarakan oleh Akbar Nikmatullah Dachlan (Abay), selaku Ketua Pelaksana World Indonesia Scholarship (WISH) Festival 2019 sekaligus Sekretaris Jenderal Mata Garuda LPDP, serta Direktur Eksekutif Sahabat Beasiswa, yang merupakan lulusan University of Birmingham Inggris tahun 2014 dengan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) RI.

Abay mengutarakan, “Kami punya mimpi besar untuk Indonesia. Kami mau supaya semua anak bangsa dari Aceh hingga Papua mempunyai akses informasi mengenai
perbeasiswaan baik didalam maupun luar negeri. Kalau dahulu hanya orang tertentu
yang punya informasi lebih sehingga tidak banyak yang bisa menikmati beasiswa itu.

Kedepan, kami ingin semua anak bangsa bisa menikmati beasiswa. Mulai dari akses
informasi yang luas sampai pada proses bimbingan untuk mengejar beasiswanya.”
Dengan tagline “Semua Bisa Dapat Beasiswa” & “Beasiswa Tanpa batas”, kami berharap siapapun bisa memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan pendidikannya dengan Beasiswa.

Kegiatan WISH Festival 2019 didukung oleh W’dank LOKALATE – Nutrifood Indonesia,
yang merupakan minuman kopi Indonesia yang unik. Jesaya Christian, Brand Manager LOKALATE menyatakan, “Hadirnya WISH Festival 2019 ini sejalan dengan misi LOKALATE untuk mendukung anak muda Indonesia agar berani beri warna di berbagai bidang dan komunitas. LOKALATE percaya bahwa pendidikan, termasuk akses informasi terhadap beasiswa merupakan kunci penting untuk pengembangan kompetensi anak muda Indonesia, sehingga memungkinkan mereka terus berkarya dan beri warna bagi Indonesia di bidangnya masing-masing.”

Falma Kemalasari, Ketua Mata Garuda LPDP menambahkan, “Dengan semangat seluruh teman-teman panitia pusat di Jakarta dan panitia daerah, serta dukungan dari berbagai pihak, WISH festival 2019 dapat dikatakan sebagai pelopor dari kegiatan beasiswa terbesar yang ada di Indonesia, serta dapat dikatakan sebagai penghubung antara para pemburu beasiswa, awardee, agensi pendidikan, komunitas atau organisasi serta lembaga penyedia beasiswa dan pemerintah.

WISH festival 2019 ditargetkan dapat memecahkan Rekor MURI sebagai kegiatan pelatihan/ lokakarya beasiswa dengan
peserta terbanyak secara seri di 21 kota/ provinsi dan dapat dihadiri oleh 200.000
peserta acara.”

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: