YPA MDR Fasilitasi Air Bersih Untuk Sekolah Dasar di NTT

0

Jakarta, Teritorial.Com – PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menginisiasi bantuan fasilitas air bersih berkolaborasi dengan Grup Astra dan Main Dealer Astra Honda untuk sekolah binaan di Kecamatan Rote Barat, Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur serta secara resmi diterima oleh Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu, SE bertempat di Hotel Aryaduta Jakarta pada Jumat, 5 April 2019.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan ,“bantuan air bersih yang kami berikan ini berupa pembangunan fasilitas air bersih sebanyak 6 titik lokasi sebagai bentuk kolaborasi PT. Astra International Tbk, YPA-MDR, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM), PT. Mitra Pinasthika Mulia dan Forum Main Dealer Astra Honda untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di sekolah”jelas Herawati.

Adapun pembangunan fasilitas air bersih ini diharapkan juga dapat memudahkan akses air bersih dan berperan pada kebersihan dan penghijauan lingkungan sekolah binaan yang menuju Sekolah Sehat. Hal ini juga sesuai pada salah satu pilar pembinaan Karakter yaitu budaya bersih. Sejalan dengan Memorandum of Understanding (MOU) yang di tandatangani oleh PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) pada Agustus 2018.

Bersama Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, Propinsi Nusa Tenggara, YPA-MDR secara resmi membina sekolah di Kecamatan Rote Barat dengan program pembinaan 4 pilar yaitu Akademik, Karakter, Seni Budaya dan Kecakapan Hidup. Terlebih pula sebagaimana misi besar YPA-MDR, kami hadir di Kecamatan Rote Barat untuk menjadikan Kecamatan Rote Barat sebagai “Kecamatan Cerdas – Berprestasi” dan untuk itu pula telah ditetapkan wilayah tersebut sebagai lokasi Kampung Berseri Astra (KBA) menuju Desa Sejahtera oleh PT. Astra International Tbk.

Sekolah-sekolah binaan YPA-MDR di Kecamatan Rote Barat adalah sebagai berikut:
1. SD INPRES BOA
2. SD NEGERI OENGGAUT
3. SD INPRES ANDAIKO
4. SD INPRES SEDEOEN
5. SD NEGERI MANGGIS
6. SD INPRES OENITAS
7. SD INPRES RINALOLON
8. SMP N 1 Rote Barat
9. SMP N 2 Rote Barat
10. SMP N 3 Rote Barat
11. SMP N Satu Atap Bo’a

YPA-MDR mendukung program pemerintah dalam memajukan mutu pendidikan di Indonesia dengan melakukan pembinaan guna meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan peserta didik yang berkualitas dalam bidang akademis, berkarakter baik dan mempunyai kecakapan hidup serta mencintai seni budaya daerahnya. Dan Selanjutnya, akan direalisasikan program pembinaan sekolah dengan konsep “Sekolah Eskalator” yang mempersiapkan anak didik yang berkualitas dan mandiri mulai tingkat SD, SMP dan SMK yang para lulusannya kelak mampu membangun daerahnya.

Sejalan dengan program Kampung Berseri Astra (KBA) menuju Desa Sejahtera, PT. Astra International Tbk memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat binaan Astra di Kabupaten Rote Ndao berupa alat penunjang produksi rumput laut, 1 unit gudang penyimpanan rumput laut dan 3 unit kendaraan operasional. Kontribusi Astra tersebut diharapkan dapat memperkuat lembaga ekonomi desa untuk peningkatan rumput laut di Kabupaten Rote Ndao.

Pola Pembinaan YPA-MDR

YPA-MDR meningkatan kualitas pendidikan di daerah prasejahtera melalui empat pilar pembinaan yaitu akademis, karakter, kecakapan hidup dan seni budaya sehingga menjadi Sekolah Swapraja menuju Sekolah Unggul. Sejak tahun 2006 hingga kini, YPA-MDR telah membina 76 sekolah negeri, 977 guru dan 16.894 siswa, yang terdiri dari 57 SD, 15 SMP dan 4 SMK yang terletak di Lampung Selatan, Bogor, Serang, Gunungkidul, Bantul, Pacitan, Kutai Barat, Kupang dan Rote Ndao

Program bantuan yang diberikan oleh YPA-MDR kepada sekolah-sekolah binaan meliputi:
Pembinaan yang meliputi empat pilar yakni pembinaan akademis, pendidikan karakter, kecakapan hidup dan seni budaya menuju kepada sekolah unggul. Sarana penunjang pendidikan seperti buku pelajaran untuk siswa, buku pegangan untuk guru, buku perpustakaan, perangkat UKS serta alat peraga dan media pembelajaran.Penambahan prasarana ruangan dan renovasi gedung sekolah berikut mebel agar kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan berkualitas.

Share.

Comments are closed.