Asops Kasal: Permasalahan Hukum Aktual dan Potensial Harus Dapat Diselesaikan

0

JAKARTA, Teritorial.com – Permasalahan hukum aktual dan potensial saat ini terkait dengan keamanan maritim ditandai dengan meningkatnya kepentingan negara-negara di kawasan yang berimplikasi langsung terhadap keamanan maritim di wilayah perairan Indonesia. Perwira TNI AL selaku penegak hukum agar mampu menyelesaikan permasalahan hukum yang berkembang saat ini. Demikian disampaikan Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksma TNI Agus Hariadi mewakili Asops Kasal Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., saat membuka pelaksanaan Rapat Kerja Teknis Hukum (Rakerniskum) TNI AL secara Video Conference (Vicon) dan langsung bertempat di Rupat Diskum AL, Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/03).

Rakernis ini mengambil tema “Dengan Semangat Handal, Bijak Dan Adil Dinas Hukum Tni Angkatan Laut Siap Mendukung Penanganan Covid-19 Dan Melaksanakan Tugas TNI AL Di Bidang Hukum” diikuti seluruh Kadiskum Kotama, Kadiskum Pangkalan Utama TNI AL, Kabag/Kasi Kum di Satker Kormar, AAL, Kodiklatal, dan seluruh Perwira Hukum yang bertugas di Guskamla/Guspurla/Lanal serta Otmilti Makasar, Biro Hukum Kemhan dan Perwira Hukum di Pengadilan Militer. Kegiatan yang dilaksanakan Diskum AL ini selaras dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul.

Menurut Asops Kasal, tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan dimana pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Laut dihadapkan dengan dinamika perkembangan yang sangat dinamis dan kompleks. Sementara dinamika sosial masyarakat yang berkembang cepat saat ini secara langsung maupun tidak langsung memengaruhi tingkat kesadaran dan kepatuhan prajurit dan PNS TNI AL terhadap hukum yang berlaku.

Forum Rapat Kerja Teknis atau Rakernis Bidang Hukum ini memiliki arti yang sangat penting untuk mengevaluasi refleksi kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun anggaran 2020 serta membahas permasalahan yang muncul serta menampung ide-ide maupun gagasan dari para peserta yang berkaitan dengan upaya peningkatan kinerja dalam penyelenggaraan kegiatan pembinaan hukum.

Kegiatan diawali dengan pembekalan yang disampaikan Kepala Badan Pembinaan Hukum (Kababinkum) TNI Laksda TNI Anwar Saadi, S.H.,; Pengarahan Kadiskum AL Laksma TNI Kresno Buntoro, S.H.,L.LM., Ph.D. tentang penyampaian hasil Rapim TNI AL dan Rakorops TNI AL; Paparan Kasubdis kumdang tentang produk hukum dan ancaman legislasi; Paparan permasalahan keamanan laut (Kamla) oleh Kasubdis Kumlater; Paparan penanganan asset dan BMN oleh Kasubdis Bankum dan dilanjutkan dengan diskusi serta tanya jawab.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: