Bertemu Menhan Korsel, Apakah Prabowo Lanjutkan KF-X/IF-X ?

0

Seoul, Teritorial.Com – Setelah diterima Menteri Pertahanan Korea Selatan Suh Wook, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Korea selatan Moon Jae-in di Istana Blue House. Pertemuan tersebut membicarakan kerjasama pertahanan khususnya industri Pertahanan kedua negara, selain itu juga membahas dinamika pertahanan dikawasan.

Kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Delegasi Kementerian Pertahanan RI ke Korea Selatan untuk menghadiri seremoni peluncuran prototipe jet tempur KFX pertama buatan Korea Selatan.

Dikutip dari Yonhap News Agency, Kamis (8/4/2021), pertemuan terjadi usai acara peluncuran prototipe pesawat tempur pertama di Korea Selatan yang disebut KF-X. Proyek pengembangan KF-X/IF-X akan berlanjut dan melambangkan kepercayaan yang kuat antar kedua negara.

Kunjungan Prabowo ke Korea Selatan ini terjadi di tengah spekulasi jika Indonesia akan menghentikan kerja sama tersebut. Sebelumnya Indonesia sudah sepakat untuk menanggung 20% biaya pembuatan pesawat tempur baru tersebut atau sekitar 8,8 triliun won. Namun Indonesia menghentikan pembayaran setelah melakukan investasi 227,2 miliar won.

Kini perhatian tertuju pada kemungkinan kerja sama pertahanan antara kedua belah pihak akan kembali ke jalurnya seiring kunjungan Prabowo. Selain proyek jet tempur, Indonesia menandatangani kesepakatan dengan Korea Selatan pada 2019 untuk membeli tiga kapal selam, tetapi proyek tersebut juga belum menunjukkan kemajuan signifikan.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: