IISMEX Indo Securty Firex

Sederet Rudal Mematikan Milik TNI yang Disegani Negara Tetangga

0

Jakarta, Teritorial.Com – Tentara Nasional Indonesia atau TNI memiliki banyak pesawat tempur modern dan canggih untuk menjaga pertahanan negara. Pesawat tempur itu dibekali persenjataan canggih yang mampu menghancurkan musuh dalam waktu sekejap.Berikut ini ulasan tentang senjata yang melekat dalam pesawat tempur yang dimiliki TNI:

Rudal Kh-35U

1. Rudal Kh-35U menjadi bagian dari persenjataan pesawat tempur Su-35. Rudal Kh-35U memiliki bobot 550 kg. Kecepatan penerbangannya 300 m/s dengan jarak tempuh 260 km. Dengan rudal jelajah terpadu, Su-35S akan dapat menyerang secara efektif hampir seluruh target, dari kapal perang hingga benteng pertahanan serta kendaraan lapis baja musuh. Rudal Kh-35U juga memiliki hulu ledak pasif self-guided.

Rudal AGM-65 Maverick

2. Rudal AGM-65 Maverick  Jet tempur F-16 milik TNI AU dilengkapi dengan persenjataan yang super canggih, salah satunya rudal AGM-65 Maverick. Rudal ini efektif dipakai untuk banyak target seperti kendaraan lapis baja, pertahanan udara, kapal dan fasilitas darat lain. Maverick memiliki bentuk silindris dan memiliki ujung yang terbuat dari gelas untuk pemandu elektro-optik atau seng sulfida untuk pemandu inframerah, sayap berbentuk delta serta hulu ledak yang terletak di bagian tengah. Maverick bersifat tembak dan lupakan, sehingga pilot dapat segera melakukan gerakan manuver atau menyerang target lain karena rudal akan mencari targetnya sendiri secara otomatis.

Rudal Vympel R-27

3. Rudal Vympel R-27 Andalan Jet Tempur Sukhoi TNI AU. Rudal ini memiliki kecepatan mencapai 2,5 hingga 4,5 mach, tergantung kondisi cuaca dan ketinggian. Rudal ini berbobot sekitar 253 kg, termasuk 39 kg untuk bobot hulu ledak. Cara kerja peledakan saat mengenai target menerapkan 2 jenis metode, yaitu radar proximity serta impact fuze. R-27 memiliki panjang sekitar 4,08 meter serta lebarnya 230 mm.

Rudal AIM-9 P4

4. Rudal AIM-9 P4 terpasang pada jet tempur F-16 serta Hawk 100/200 milik TNI AU. AIM-9 Sidewinder adalah sebuah rudal udara-ke-udara anti pesawat jarak pendek berpandu infra merah buatan Amerika Serikat. AIM-9 P4 memiliki kecepatan 2,5 mach, dengan jarak tempuh 1-18 km dan memiliki panjang 2,84 m serta lebar 630 mm.

 

 

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: