Jabat Pangkostrad, Letjen Andika Perkasa Berpeluang Kasad?

0

Jakarta, Teritorial.Com – Menyusul surat keputusan Panglima TNI bernomor Kep/673/VII/2018 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia terkait mutasi dan promosi terhadap 26 perwira tinggi dan menengah.

Perlu diketahui Letjen TNI Andika Perkasa yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat (Kodiklatad) dipercaya, belum genap setahun kini Menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono ini dipromosikan sebagai Panglima Kostrad

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah membenarkan mutasi Letjen TNI Andika Perkasa penjadi Pangkostrad. “Ya benar beliau (Andika Perkasa) dipromosikan jadi Pangkostrad. Dia akanmenggantikan Letjen Agus Kriswanto yang akan memasuki masa pensiun,” kata Kapuspen Sabtu (14/7/2018)

Jabatan Komandan Kodiklat TNI yang ditinggalkan Andika Perkasa akan diisi oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen AP Putranto yang juga mendapat promosi kenaikan pangkat bintang tiga. Sementara jabatan Pangdam II/Sriwijaya akan dijabat Mayjen TNI Irwan yang semula menjabat Aslog KSAD. sedangkan Jabatan Dankodiklat TNI akan dipegang Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono yang semula Asintel Panglima TNI.

Dari karier terdahulu Letjen Andika sebelumnya menjabat sebagai Pangdam XII/Tanjungpura sebelum pangkat bintang tiga melekat dipundaknya.Dengan demikian menduduki sebagai Dankodiklat TNI sebagaimana yang tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/12/I/2018 tanggal 4 Januari 2018 lalu, menjadi jabatan pertamanya setelah naik pangkat Letnan Janderal.

Menelusuri kebelakang, Letjen Andika sebelumnya juga tercatat pernah menjabat sebagai Pangdam Tanjungpura, setelah mutasi jabatan dari yang sebelumnya sebagai Komandan Pasmpampres dan mendapat kenaikan pangkat sebagai Mayjen. Dia juga pernah menjadi Kadispen TNI AD dengan posisi Brigjen. Lulusan Akmil 87 tersebut terbilang cukup memiliki karir yang cukup gemilang di tubuh TNI AD.

Tentu akan menjadi posisi yang sangat strategis bagi Andika yang berlatar belakang Kopassus ketika dirinya kini telah menduduki posisi jabatan sebagai Pangkostrad. Dengan demikian apakah dengan jabatannya sekarang ini Letjen Andhika akan berpeluang sebagai Kepala Staf Angkatan Darat menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang dalam waktu dekat ini dikabarkan akan memasuki masa purna tugas.

Jika amati lebih mendalam bahwa bisa dikatakan Perwira Tinggi TNI AD yang menjabat sebagai KSAD adalah merupakan mereka yang sebelumnya pernah menduduki jabatan sebagai Pangkostrad, sebut saja Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, Jenderal TNI Mulyono yang sekarang ini masih menjabat sebagai KSAD, sebelumnya Jenderal TNI (Purn.) Pramono Edhie Wibowo, dan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu yang kini menjadi Menteri Pertahanan RI. (SON)

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: