Kasal Hadiri Pembukaan Seskoal Dikreg Angkatan ke-58 Tahun 2020

0

Jakarta, Teritorial.Com – Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., MM sebagai Inspektur Upacara Pembukaan Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke-58 Program Studi Strategy Operasi Laut TA. 2020, yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 13 Januari 2020 bertempat di Auditorium Jos Soedarso Seskoal, Bumi Cipulir. Jakarta Selatan. Turut mendampingi Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc.. DESD.. yang diwakilkan oleh Wakil Komandan Seskoal Laksamana Pertama TNI Tatit Eko W., S.E., M. Tr (Han) selaku Wakil Direktur Magister Terapan Angkatan Laut.

Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020 akan diikuti sebanyak 175 Perwira Menengah (Pamen) TNI/ TNI Angkatan Laut dan Kepolisian RI serta Perwira Mahasiswa Internasional yang terdiri dari 161 Perwira Mahasiswa TNI AL, 2 masing-masing TNI AD, TNI AU dan Polri serta 8 Perwira Mahasiswa Internasional yaitu Arab Saudi, Australia. China. India, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam. Lulusan Seskoal diarahkan menjadi Komando dan staf dalam structural maupun non structural TNI/TNI AL, mampu merencanakan strategi militer dalam operasi gabungan TNI baik Operasi Militer Perang (0MP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut merupakan wahana pengembangan dan pematangan pola pikir, pola sikap dan pola tindak para Perwira Menengah, yang berorientasi kepada upaya untuk memperluas cakrawala pandang dan mempertajam kemampuan analisis, memiliki visi jauh ke depan serta mampu mengambil inisiatif dan keputusan serta terobosan yang diperlukan dengan cepat dan tepat. Seskoal menyelenggarakan Program Studi Strategi Operasi Laut sebagai Program Studi unggulan yang berstandar Nasional maupun Internasional serta menjadikan Center Of Exellence On Naval and Maritime Science mampu membentuk Perwira Menengah yang dapat mengembangkan ide-ide pemikiran strategis secara konseptual terutama dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagi Poros Maritim Dunia.” Amanah Kasal Laksamana Siwi Sukma Adji dalam pembukaan Dikreg Seskoal Angkatan ke-58.

Perwira Magister Terapan Strategi Operasi Laut lulusan Seskoal ini diharapkan nantinya mampu menjadi peneliti awal yang inovatif di bidang Strategi Operasi Laut dan dapat menjalin hubungan kemitraan dan jejaring dengan berbagai instansi dalam maupun luar negeri guna menunjang peningkatan dan pengembangan keilmuan dalam memperkuat keamanan maritim. Selain itu Output mencetak Pamen TNl/TNI Angkatan Laut Magister Terapan strategi Operasi Laut yang mampu menjadi pemimpin baik Panglima, Komandan maupun Kepala dan Staf di lingkungan TNI dan Kementerian Pertahanan menjadi peneliti atau analis strategi operasi laut serta mampu merumuskan dan mengaplikasikan konsep kebiéakan strategi dan manajemen operasi laut yang betwawasan nasional dan Internasional berdasarkan kepentingan nasional di laut.

Saat ini Pendidikan Reguler Seskoal merupakan Pendidikan Magister Terapan Program Studi Strategi OperaSI Laut dengan Lama Pendidikan 44 minggu, Kurikulum Pendidikan menqqunakan beban kullah 55 SKS (Satuan Kredit Semester) dan dengan jumlah 16 male kuliah sebanyak 2.330 jam pelajaran. Seskoal sebagai lembaga Pendidlkan pengembangan tertinggi di Angkatan Laut dengan jenjang Pendidikan S2 Vokasi, maka Perwira Mahasnswa Magister Terapan Program Studi Strategi Operasi Laut diwajibkan menyusun Tugas Akhir berupa Tesis sebagai persyaratan untuk mendapatkan gelar Magister terapan Strategi Operasi Laut (M.Tr.Opsla). Hasil tesis terpilih dapat dipublikasikan dalam bentuk artikel iimiah pada Jurnal Nasionai terakreditasi dan Jumai lnternasionai berepulasi.

Seskoal sebagai Perguruan Tinggi penyelenggara pendidikan vokasi di lingkungan TNI Angkatan Laut harus mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaraan, menjadikan penelitian dan publikasi research perwira mahasiswa dan dosen dapat menjadi budaya akademik sesuai dengan regulasi DIKTI. Diharapkan pembenahan regulasi yang ada akan mampu meningkatkan daya saing lulusan Seskoal sehingga misi Seskoal sebagai Center Of Excellence On Naval And Maritime Science pada tahun 2024 dapat tercapai. Turut diundang pada Pembukaan Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020 antara lain Wakasal Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianto, Dansesko TNI, Danseskoad, Danseskoau, Kasespimen Polri, Para Pejabat Teras Mabesal, Para Pangkotama, Para Athan Negara Sahabat, Rektor Unhan, Rektor Ul, Para Dosen beberapa Perguruan Tinggi dan Para Dosen/Pengajar Non Organik undangan lainnya.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: