Perkuat Soliditas TNI-Polri, Seskoal Tuan Rumah Seminar PKB Kejuangan 2019

0

Jakarta, Teritorial.Com – Program Kegiatan Bersama (PKB) Kejuangan 2019 dibuka hari ini. Kegiatan tersebut digelar untuk memantapkan soliditas satuan-satuan TNI-Polri secara komprehensif. Acara yang digelar oleh Sekolah Staf dan Komando angkatan Laut (Seskoal) ini diikuti calon-calon pemimpin TNI-Polri.

PKB Kejuangan 2019 mengusung tema Profesionalitas TNI-Polri Menjamin Pembangunan Nasional Aman ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan motivasi tentang pentingnya profesionalitas TNI-Polri, khususnya bagi calon pemimpin TNI-Polri di masa mendatang.

Komandan Sesko TNI Marsekal Madya TNI Trisno Hendardi dalam sambutannya mengatakan, tema yang diambil karena melihat dari dinamika perkembangan yang terjadi di dalam negeri tanpa melupakan perkembangan diluar negeri. “Banyak sekali yang sangat mengganggu tentang situasi keamanan dan ketertiban masyarakat baik di daerah atau di tempat-tempat lainnya. Jadi dengan proporsional TNI-Polri menjamin pembangunan nasional aman,” ujar Trisno, di Auditorium Yos Sudarso Seskoal Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (23/9/2019).

Soliditas TNI-Polri, merupakan hal yang mutlak sebagai kesatuan dua lembaga yang selalu menjadi cerminan kekuatan dan kedaulatan NKRI, dapat diperoleh melalui pembangunan komponen pertahanan dan keamanan negara secara terarah, untuk mewujudkan profesionalitas personel TNI-Polri. “Ini sudah merupakan kegiatan program pendidikan tahunan sekolah pendidikan TNI-POLRI di level kolonel atau level mayor tentunya ini akan menciptakan soliditas dan sinergitas TNI-POLRI sesuai arahan pimpinan TNI panglima TNI dan Kapolri tentunya tetap mewujudkan sinergitas dan soliditas TNI-POLRI dimanapun di level apa pun juga,” tuturnya.

Seminar Program Kegiatan Bersama Kejuangan Tahun 2019 (PKB Juang 2019) dilaksanakan pada tanggal 23 – 27 September 2019 diikuti seluruh calon-calon pemimpin TNI-Polri, yang dipresentasikan oleh Perwira Siswa (Pasis) dari Sesko TNI, Seskoad, Seskoal, dan Seskoau, serta Peserta Didik (Serdik) dari Sespimpti Polri dan Sespimmen Polri, guna memantapkan soliditas satuan-satuan TNI-Polri secara komprehensif.

Judul paparan makalah yang disampaikan Pasis Sesko TNI dan Sespimti Polri “Konsepsi Peran TNI-Polri Guna Mendukung Pembangunan Nasional Dalam Rangka Mewujudkan Tujuan Nasional”, sedangkan Pasis Sesko Angkatan dan Sespimmen Polri judul ”Optimalisasi Peran TNI-Polri Menjaga Stabilitas Keamanan Guna Keberlangsungan Pembangunan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Secara umum kegiatan Seminar PKB JUANG bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan motivasi tentang pentingnya profesionalitas TNI – Polri, khususnya bagi calon pemimpin TNI-Polri di masa mendatang. Selain pelaksanaan Seminar akan dilaksanakan pula kegiatan integrasi dalam bentuk pertandingan olahraga (Menembak, Tenis Lapangan, Voli, Bulu Tangkis, Tenis Meja dan Basket), Olahraga Bersama, Bakti Sosial di lingkungan sekitar Seskoal, Donor Darah, dan penampilan kreatifitas masing-masing Serdik di acara Malam Akrab.

Trisno berharap dari seminar ada upaya yang maksimal dari para peserta seminar untuk dapat mencurahkan segenap daya kemampuan yang dimiliki. “Serta menuangkan ide dan inspirasi guna menghasilkan konsep strategis untuk memecahkan masalah aktual sebagai sumbangsih terbaik untuk kepentingan bangsa dan negara,” katanya.

Pembukaan dan penutupan seminar diikuti 1.204 peserta terdiri dari undangan VIP 20 orang, Pejabat/Dosen Patun 120 orang, Pasis/Serdik 1.024 orang, Sesko TNI 152 orang, Sespimti Polri 62 orang, Seskoad 308 orang, Seskoal 150 orang, Seskoau 132 orang, Sespimmen Polri 220 orang, Viewer 10 orang (Prof.Dr.Abdul Munir Mulkhan (UGM), Dr. Soesaningtyas N.H.Kertopati (Pakar Komunikasi Inteljen), Poengky Indarty,SH.LLM (Kompolnas), Dr. Eddy Prasetyono (Pengamat Militer UI), DR. DRA. Nadira, M.Sc (BPPT), Haris Azhar,SH,M.SC. (Lokataru Foundation), Dr.M.Alie Humaedi (Peneliti Utama LIPI), Dr.Ir.Dadan Hindayana (IPB), Dr. Misdah, M.Pd (Direktur Pasca Sarjana IAIN Pontianak Kalbar), Dr. Eduard Sigalingging, M.Si (Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah III, Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Kemendagri), dan para dosen serta mahasiswa Universitas ternama di Indonesia.

Turut hadir dalam seminar teraebut Wadansesko TNI Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, S.I.P., M.M., M.Tr. (Han)., Kasespim Polri Irjen Pol. Drs. Bambang Waskito, Danseskoad Mayjen TNI Kurnia Dewantara, Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian S.T., M.Sc., D.E.S.D., Danseskoau Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: