Program Pertukaran Perwira Penerbang, Angkatan Udara Kamboja Kunjungi Sekolah Penerbang TNI AU

0

Sleman, Teritorial.Com – Menjadi salah satu negara dengan kekuatan pertahanan udara terkuat, Indonesia kini menjadi incaran sejumlah negara-negara berkembag lainnya di ASEAN dalam menjalan hubungan kerja sama guna meningkatkan kemampuan kapabilitas udara masing-masing negara.

Kamboja dalam hal ini menjasi salah satu negara di ASEAN yang tengah gencar menjalin kerjasama pertahanan untuk tujuan transfer of knowladge d engan TNI AU. Dalam rangka Senior Officers Exchange Visit Program (SOEVP), Cambodian Air Force (RCAF) Menyambangi Sekolah Penerbang (Sekbang) TNI Angkatan Udara TNI di Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto, Yogyakarta, Kamis 27 September 2018.

Delegasi RCAF yang dipimpin Brigadier General Yem Bun Reth itu diterima Komandan Wing Pendidikan Terbang (Danwingdikter) Lanud Adisutjipto Kol Pnb Deni Simanjutan. Dalam kunjungan tersebut TNI AU memaparkan soal Sekbang TNI sekaligus diajak melihat langsung sarana prasarana Sekbang, di antaranya ke shelter pesawat latih.

Dalam kesempatan tersebut Kol Pnb Deni Simanjuntak menyambut baik kunjungan belajar tersebut sebagai bentuk kepercayaan terhadap TNI AU. “Ini tentu menjadi kebanggan bagi Lanud Adisutjipto, karena mendapat kunjungan dari AU Kamboja,” ungkap Danwongdikter Lanud Adisuyjipto Kol Pnb Deni Simanjuntak.

Pimpinan delegasi RCAF Brigadier General Yem Bun Reth mengatakan sangat senang mendapat sambutan hangat dari AU Indonesia. Dia pun berharap kerja sama dan hubungan yang sudah berjalan baik antara RCAU dan AU Indonesia tersebut tetap dapat dpertahankan bahkan ditingkatkan
lagi. “ini juga untuk menjajaki kerja sama antara AU dan RCAF,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu delegasi AU Kamboja juga mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) yang ada di Kompleks Lanud Adisutjipto. Mereka diterima Kapuspenau Marsekal Pertama (Marsma) TNI Novyan Samyoga. Selain mendapat penjelasan tentang sejarah singkat Muspusdirla dan TNI AU serta meninjau seluruh ruangan Muspusdirla. Delegasi AU Kamboja juga menyaksikan pemutaran film tentang penampilan Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang merupakan team kebanggaan bangsa Indonesia di ruang teater Muspusdirla.

Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Ambar Rejiyati menambahkan sebelum ke Lanud Adisutjipto dan Muspusdirla, delegasi RCAF ini juga mengunjungi Akademi Angkatan Udara (AAU). Setelah dari Lanud Adisutjipto rombongan RCAF akan mengunjungi beberapa obyek wisata yang ada di Yogyakarta.

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: