Sambil Asah Naluri Tempur, TNI AL Lakukan Vaksinasi Masyarakat Maritim Muara Gembong

0

JAKARTA, Teritirial.com – Sambil mengasah naluri tempur, TNI AL melaksanakan operasi kemanusiaan “Serbuan Vaksinasi Maritim”, demikian diungkapkan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. saat meninjau lokasi vaksinasi di wilayah Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Kamis (22/7). Wakasal beserta rombongan berangkat dari Jakarta dengan mengerahkan 37 Alutsista TNI AL diantaranya 2 KRI (KRI Teluk Handing dan KRI Teluk Manado), 2 Kapal Angkatan Laut (KAL), 25 sekoci karet dan Sea Reader.

Pelaksana vaksinasi kali ini adalah Korps Marinir TNI AL di bawah pimpinan Komandan Pasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Hermanto bekerja sama dengan TNI AD dan Kepolisian serta Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dengan sasaran nelayan-nelayan dan pekerja pelabuhan di wilayah Muara Gembong serta masyarakat di 6 desa yakni Desa Pantai Mekar, Desa Pantai Sederhana, Desa Pantai Bakti, Desa Pantai Bahagia, Desa Pantai Harapan Jaya, dan Desa Bakti Jaya.

Menurut Wakasal, selain melaksanakan vaksinasi, TNI AL juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat. “Hari ini kita menyiapkan 1200 paket vaksin, setelah divaksin masyarakat akan mendapat sembako, mudah-mudahan dapat dinikmati, diharapkan prosentase masyarakat yang divaksin meningkat lebih banyak,” ujarnya.

Kepada awak media Wakasal menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan TNI AL yang dimulai sejak tanggal 23 Juni 2021 dimana KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memerintahkan seluruh Satker TNI AL untuk membantu program pemerintah mempercepat program vaksinasi ini dengan judul “Serbuan Vaksin Masyarakat Maritim”. Hingga saat ini berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Angkatan Laut sudah tervaksin melalui serbuan maritim sekitar 300 ribu orang.

Lebih jauh Laksdya Heri mengatakan sasaran awal vaksinasi oleh TNI AL adalah masyarakat maritim di pelabuhan-pelabuhan dan wilayah pesisir namun perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P agar memberikan perbantuan juga ke daerah-daerah yang prosentase vaksinnya masih rendah.

Selain itu Wakasal mengajak media untuk bersinergi mengkampanyekan 6M yaitu dengan menjaga jarak memakai masker mencuci tangan, menghindari kerumunan mengurangi mobilitas, menjaga pola makan dan istirahat. “Ini harus kita gembar-gemborkan, kita kampanyekan kepada masyarakat, bahwa inilah yang harus kita kerjakan, semoga pandemic covid ini segera berlalu dari negeri yang kita cintai bersama ini,” pungkasnya.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: