Seskoal Jalani Asesmen Lapangan BAN-PT

0

JAKARTA, Teritorial.com – Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) menjalani Asesmen Lapangan secara daring terkait Akreditasi Program Studi Strategi Operasi Laut Program Magister Terapan yang dilaksanakan oleh Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kegiatan asesmen ini dilaksanakan pada 30 November hingga 1 Desember 2020.

Para asesor melakukan Asesmen Lapangan dari tempatnya masing-masing sedangkan tim dari Program Studi Strategi Operasi Laut Program Magister Terapan bersama-sama menerima visitasi secara daring ini dari Kelas A Gedung R.E.Martadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2020).

Tim Akreditasi BAN-PT diterima Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) selaku Direktur Magister Terapan didampingi Wadan Seskoal Wakil Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., sebagai Wakil Direktur merangkap sebagai Kasatwas, Laksamana Pertama TNI Bambang Pramusinto, M.A., Dipl War College, sebagai Kasivitas Akademika, Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han) sebagai Kepala Pusat Pengkajian, Kolonel Laut (P) Apriyani, S.H., M.M., M.si (Han)., CHRMP sebagai Pudir III, Kolonel Laut (P) Dr.Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si., sebagai Pudir I, Kolonel Laut (T) Fernando Situmeang, S.T., sebagai Pudir II, Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, S.E., sebagai Kepala LP3M.

Selanjutnya Kolonel Laut (P) Dwi Jantarto, S.T., M.T., sebagai Kepala LP2M, Kolonel Laut (KH) Geger Jaka Kiswara, S.Pd., M.M., sebagai Kaaprodi, Kolonel Laut (P) Antonius Widyo Utomo, S.H., sebagai Kepala Laboratorium, Kolonel Laut (P) Rully Riono, sebagai Kepala Biro Akademik Bidang Strategi, Kolonel Laut (P) Gemma Eka Putra, sebagai Kepala Biro Akademik Bidang Operasi, Kolonel Laut (P) Kasito, S.T., sebagai Kepala Biro Akademik Bidang Manajemen dan Logistik, Kolonel Marinir Firman Johan sebagai Kepala Biro Akademik Bidang Kejuangan, Kolonel Laut (E) Ir. Tunggul Puliwarna, M.T., sebagai Kepala Biro Akademik Bidang Iptek, Letkol Marinir Rudianto sebagai Kepala Biro Umum, Letkol Laut (K/W) dr.Agnes I., Sp.B., M.Kes., Sp.B (K)., Sp.KL., sebagai Kepala Biro Kesehatan, Mayor Laut (S) Iskandar Zulkarnain sebagai Kepala Biro Keuangan dan Letkol Laut (KH/W) Devi Erlita, S.Ag., M.M., M.Tr.Hanla., sebagai Kepala Biro Perpustakaan.

Turut serta pada acara tersebut secara langsung dan daring Dosen Tetap Seskoal antara lain Laksamana Muda TNI Dr.Ir.Harjo Susmoro, S.H., M.H., Laksamana Pertama TNI Dr.Benny Sukandari, S.E., M.M., Laksamana Pertama TNI Dr.R.A. Mulyadi, S.E., Kolonel Laut (S) Dr.Asep Iwa Soemantri, S.E., M.M., Kolonel Laut (KH) Dr.Sudardi, S.H., M.H., dan Kolonel Laut (KH) Dr.Ali Ridho, S.H., M.M.

Tim Asesmen ini terdiri dari Prof Ir. Johannes Hutabarat, M.Sc., Ph.D., dari Universitas Diponegoro (Undip) dan Prof., Dr.Tati Nurhayati, S.Pi., M.Si dari Institut Pertanian Bogor. Proses Asesmen Lapangan dengan serangkaian agenda yang bertujuan untuk memverifikasi, memvalidasi dan melengkapi data serta informasi yang disajikan oleh progam studi dalam borang akreditasi dan evaluasi diri yang telah disusun dan dikirimkan ke BAN-PT.

Pada kegiatan hari pertama Assesment Lapangan Sesi Pertama dimulai dengan sambutan dari Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) selaku Direktur Direktur Magister Terapan, dilanjutkan dengan bimbingan teknis dari asesor terkait proses asesmen yang akan dilakukan.

Dalam sambutannya, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) sebagai Direktur Direktur Magister Terapan menyampaikan bahwa sejak tahun 2016 Seskoal pertama kali memulai membuat Program Studi Magister Terapan dimana Seskoal memiliki visi dari Program Studi Magister strategi Operasi Laut yaitu “Menjadikan Program Studi Operasi Laut Sebagai Program Studi Unggulan dan Terdepan Yang Berstandar Nasional dan Internasional serta menjadi Center Of Excellence On Naval and Maritime Science Pada Tahun 2024”. Yang merupakan salah satu respon terhadap perkembangan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam era revolusi industri 4.0.

Selanjutnya para asesor secara mendalam melaksanakan konfirmasi kepada Direktur Magister Terapan, Wadir dan jajarannya mengenai pengembangan Prodi Strategi Operasi Laut Program Magister Terapan, Sistem Tata Pamong, Sistem Pengelolaan serta capaian yang dilaporkan dan rencananya. Pada tahap ini asesor menunjukkan apresiasi yang sangat baik terkait informasi yang disampaikan yang sangat mendukung kesesuaian dengan dokumen yang telah dilaporkan. Terdapat konfirmasi data LKPS final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif. Pada pelaksana penjaminan mutu internal, asesor mengkonfirmasi pelaksanaan hasil dan efektifitas proses SPMI di Program Magister Terapan yang meliputi seluruh siklus PPEPP, pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools dan laporan berkala hasil SPMI di UPPS dan Program Studi Strategi Operasi Laut.

Asessor lebih lanjut mengkonfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) kepada tim akreditasi dan konfirmasi kepada Middle Manajemen di UPPS terkait dengan pelaksanaan pengelolaan Prodi untuk area fungsional, program akademik Tridharma dan pengelolaan Sumber Daya SDM, asset dan Fasilitas serta keuangan. Selanjutnya assessor melakukan wawancara terhadap stakeholder Eksternal terkait mutu output/lulusan dari Program Studi Strategi Operasi Laut yaitu dosen, tenaga kependidikan, alumni, dan mahasiswa. Semua pihak yang diminta menjadi partisipan memberikan keterangannya masing-masing sesuai pertanyaan-pertanyaan yang diajukan asesor.

Pada Asesmen Lapangan hari kedua, asesor melakukan kerja mandiri untuk merangkum keterangan hasil verifikasi dari semua pihak dan memberikan feedback atas seluruh rangkaian asesmen selama 2 hari ini. Selanjutnya Asesmen Lapangan ditutup dengan penandatangan berita acara dan penyerahan berita acara asesmen dari asesor kepada Komandan Seskoal selaku Direktur Direktur Magister Terapan diakhiri dengan foto bersama.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: