Sosialisasi Dawilhanla dan Wasev Ketahanan Pangan Wilayah Kerja Lanal SibolgaI

0

SIBOLGA, Teritorial.com – Personel Lanal Sibolga mengikuti acara Sosialisasi Dawilhanla dan Wasev Ketahanan Pangan Wilayah Kerja Lanal Sibolga oleh Tim Spotmar Mabesal dipimpin oleh Pabandya Binpers Potmar Ban II Puanpatmar Letkol Laut (KH/W) Dra. Arnita, M.M., didampingi Pabandya Binor dan Dokpenak Ban II Puanpotmar Letkol Mar Martua Felix Pakpahan, S.S., M.Si, dan Kaur Minpers Taud Spotmar Kapten Mar Supriyanto, bertempat di Aula Zulkifli Lanal Sibolga, Selasa (1/12/2020).

Dalam arahannya, Pabandya Binor dan Dokpenak Ban II Puanpotmar Letkol Mar Martua Felix menjelaskan bahwa segala usaha, pekerjaan dan kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan, pembinaan, pengembangan, pengerahan, dan pengendalian, serta pemanfaatan potensi nasional bidang maritim yang ada di wilayah untuk menjadi suatu kekuatan pertahanan guna mewujudkan RAK Juang yang Tangguh dalam rangka mendukung kepentingan pertahanan di laut.

“Keberadaan Babinpotmar di Lantamal, Lanal, Posal, dan Prioritas Desa Pesisir sangatlah penting dalam pembinaan Dawilhanla, namun saat ini jumlah personel masih terbatas dibandingkan luasnya cakupan daerah yang menjadi daerah binaan sehingga menjadi suatu tantangan dan dibutuhkan strategi dengan pemanfaatan teknologi dan penggalangan tokoh masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa guna meningkatkan kemampuan teritorial, Babinpotmar harus memiliki dan melaksanakan beberapa hal diantaranya temu cepat dan lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, pembinaan perlawanan rakyat, dan kemampuan sosial. Selain itu, diperlukan delapan kemampuan Potmar yaitu memiliki jiwa maritim, deteksi dini, kemampuan pemahaman kondisi sosial dan budaya, kemampuan meningkatkan perekonomian, kemampuan penangkalan, kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kemampuan komunikasi sosial, serta kemampuan pembangunan sumber daya manusia.

“Dalam melaksanakan tugas, Babinpotmar harus aktif melaksanakan pengumpulan data yang valid meliputi geografi, demografi, kondisi sosial, dan perkembangan situasi terkini dengan berkoordinasi pemerintah daerah, instansi samping, organisasi masyarakat, dan masyarakat setempat,” tuturnya.

Selanjutnya Tim Spotmar Mabesal didampingi oleh Palaksa Lanal Sibolga Mayor Laut (PM) Hartono dan Pjs. Paspotmar Lanal Sibolga Letda Laut (PM) Imran Makaminang meninjau Ketahanan Pangan Lanal Sibolga antara lain budidaya ikan lele, ikan patin, ikan nila dan ikan mas di kediaman Komandan Lanal Sibolga, Posmat Hajoran Lanal Sibolga dan Pantai Batu Gajah Binaan Lanal Sibolga.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: