Tanggap Dinamika Lingkungan Strategis, Seskoal Gelar Seminar Maritim Nasional

0

Jakarta, Teritorial.Com – Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) menyelenggarakan Seminar Maritim Nasional Seskoal Tahun 2018, dengan tema “Mewujudkan Keamanan Maritim dan Keselamatan Pelayaran yang Optimal Dalam Rangka Mendukung Kebijakan Poros Maritim Dunia”, yang dilaksanakan di Gedung Jos Soedarso Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan Kamis 20 September 2018.

Dalam sambutan Seminar Nasional yang juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Kemaritiman RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan sebagai pembicara utama. Komandan Seskoal (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr Amarulla Octavian menyampaikan akan pentingnya paradigma dalam mewujudkan Keamanan Maritim dan Keselamatan Pelayaran di Wilayah Perairan Indonesia

Mantan Dekan Manajemen Pertehanan Universitas Pertahanan tersebut mengeaskan bahwa Seskoal dengan paradigma barunya sebagai Center Of Excelence On Naval and Maritime Science dalam rangka peningkatan kualitas dan pengembangan sebagai pusat pendidikan perwira TNI AL dalam bidang Keangkatanlautan dan kemaritiman yang berstandar Internasional.

Dalam keterangan pers kepada teritorial.com, Danseskoal Laksda Octavian mengingatkan kepada seluruh perwira siswa Seskoal untuk terus melakukan trobosan berfikir mengean berbagai bentuk hambatan dan tantangan bagi Indonesia yang tentunya tidak terlepas dari pengaruh lingkungan global. Dengan demikian sudah sewajibnya bagi Indonesia dalam hal TNI AL menjadi salah satu pelopor dalam membangun paradigma kemaritiman yang adaptif, dan tepat sasaran.

“Konstelasi geografis, geopolitik dan geoekonomi Indonesia telah mewarnai pembangunan keamanan maritime untuk mewujudkan Negara Maritim yang berdaulat, maju, mandiri, kuat serta mampu memberikan kontribusi positif bagi perdamaian di kawasan dunia sesuai kepentingan Nasional. Potensi laut tentu memaksa Indonesia untuk terus berinovasi menghadirkan bentuk-bentuk kebijakan strategis bagi kemajuan negara,” lanjut Danseskoal.

Turut hadir dalam acara tersebut Aspam Kasal Laksamana Muda TNI S Irawan, Kasubdit Peneggakan Hukum Direktorat Kesatuan Panjagaan Laut Dan Pantai (KPLP) Fourmansyah, Prof Melda Kamil Ariadno, Para Pangkotama TNI AL, Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan, Wakil PPAL, Perwira siswa Seskoal, Patun/Dosen Seskoal, Para Mitra Bestari Jurnal Maritim Indonesia, Mahasiswa Unhan, Mahasiwa Akademi Pelayaran dan undangan lainnya.

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: