Cegah Penyebaran Covid-19,Pakar WHO Sebut Lockdown Saja Tidak Cukup

0

Genewa, Teritorial.Com – Pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Mike Ryan menyebut lockdown saja tidak cukup untuk menghambat penyebaran virus corona (Covid-19). Ryan mengatakan perlu adanya langkah tambahan lainnya untuk bisa memutus rantai penyebaran virus ini.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC, Ryan menyebut perlu adanya langkah-langkah kesehatan masyarakat untuk menghindari penyebaran Covid-19 yang lebih luas di kemudian hari.

“Yang benar-benar perlu kita fokuskan adalah menemukan mereka yang sakit, mereka yang memiliki virus, dan mengisolasi mereka, menemukan kontak mereka dan mengisolasi mereka,” kata Ryan, seperti dilansir Reuters pada Minggu (22/3/2020).

“Bahaya saat ini dengan penguncian, jika kita tidak menerapkan langkah-langkah kesehatan masyarakat yang kuat sekarang, ketika pembatasan gerakan dan penguncian itu dicabut, bahayanya penyakit ini akan melonjak kembali,” sambungnya.

Sebagian besar Eropa dan Amerika Serikat (AS) mengikuti China dan negara-negara Asia lainnya dengan melakukan pembatasan drastis untuk memerangi Covid-19. Upaya yang dilakukan yakni sebagian besar pekerja diinstruksikan untuk bekerja dari rumah dan penutupan sejumlah tempat publik seperti sekolah, dan restoran

Ryan mengatakan, bahwa contoh-contoh dari China, Singapura dan Korea Selatan, yang ditambah pembatasan dengan langkah-langkah keras untuk menguji setiap kemungkinan suspek, memberikan model untuk Eropa,yang kini telah menggantikan Asia sebagai pusat pandemi.

“Setelah kami menekan transmisi, kami harus mencari virusnya. Kita harus berjuang melawan virus,” kata Ryan.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: