Donald Trump Pastikan Pentolan ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Tewas Dalam Operasi Militer

0

Suriah, Teritorial.Com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump memastikan bahwa pemimpin kelompok yang menyebut diri Negara Islam atau ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, tewas dalam operasi militer yang dilakukan oleh pasukan khusus Amerika Serikat.

Dalam keterangan yang disampaikan pada Minggu (27/10), Trump mengatakan pasukan AS telah membawa keadilan bagi hal yang ia sebut sebagai pemimpin teroris nomer satu di dunia, dalam serangan pada Sabtu malam (26/10) di Suriah barat laut.

“Abu Bakar al-Baghdadi sudah tewas. Ia adalah pendiri dan pemimpin ISIS, organisasi teroris yang paling kejam dan keras di dunia. Amerika Serikat telah memburu Baghdadi selama bertahun-tahun. Menangkapnya atau membunuhnya menjadi prioritas keamanan nasional pemerintahan saya,” tegas Donald Trump Presiden AS dilansir dari the ruters.

“Pasukan Operasi Khusus AS melancarkan serangan malam hari yang berbahaya dan berani di Suriah barat laut dan merampungkan misi secara sempurna. Personel AS benar-benar luar biasa – saya menyaksikan sebagian besar aksi mereka,” kata Trump.

Menurut Trump, al-Baghdadi bersembunyi di dalam terowongan dan membawa serta tiga anaknya. Ia lantas dikejar oleh anjing serbu, dan kemudian meledakkan bom rompi yang dikenakannya. “Ia tewas setelah berlari ke terowongan buntu, merintih, menangis dan menjerit sepanjang waktu,” papar Presiden Trump. Trump mengatakan al-Baghdadi  mati seperti anjing,” tuturnya.

Pada bagian lain, Presiden Trump menyampaikan terima kasih kepada Rusia dengan mengatakan militer Rusia membuka wilayah udara yang dikendalikannya sehingga AS dapat melancarkan serangan. Namun seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia membantah pernyataan Trump. Lebih lanjut juru bicara itu mengatakan kabar tentang tewasnya al-Baghdadi mungkin saja hanya berupa laporan keliru sebagaimana yang terjadi sebelumnya.

Bagaimanapun, pengumuman Presiden Trump ini dikeluarkan menyusul pemberitaan bahwa militer AS melaksanakan operasi terhadap Abu Bakar al-Baghdadi. Presiden Trump sebelumnya membagikan sebuah twit yang samar-samar, mengatakan: “Satu hal yang sangat penting baru saja terjadi”.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: