Jet Tempur China Lintasi Selat Taiwan,Taiwan Kerahkan Jet Tempur F-16

0

Taipei, Teritorial.Com – Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan jet tempur China telah melewati garis tengah tak resmi di Selat Taiwan. Merespons tindakan China tersebut, Angkatan Udara Taiwan mengerahkan jet tempur untuk mencegat pesawat China yang mendekati wilayah itu pada Senin (10/2).

“Jet-jet china, mendampingi bomber H-6, melintasi garis tengah tak resmi di Selat Taiwan sehingga Angkatan Udara segera mencegat dan memberikan peringatan lisan untuk pergi,” papar pernyataan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Taiwan.

Selanjutnya, pesawat China kemudian mundur ke sisi barat garis yang memisahkan antara Taiwan dan China. Kemhan Taiwan tidak menjelaskan jenis pesawat tempur yang mendampingi pesawat pengebom H-6 China itu.

“H-6 dalam misi pelatihan di Pasifik telah melintasi melalui Bashi Channel yang memisahkan Taiwan dari Filipina,” papar Kemhan Taiwan sambil membagikan gambar jet tempur Taiwan F-16 bersama salah satu bomber H-6

Dikutip AFP, ini adalah kedua kalinya jet tempur China melintasi garis tengah Selat Taiwan yang membagi daratan China dengan Taipei.

Pada Maret lalu, dua jet tempur J-11 China melintasi garis tengah Selat Taiwan untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir. Insiden itu mendorong Taipei menyatakan Beijing melanggar perjanjian lantaran bertindak “sembrono dan provokatif”.

China memang telah mengerahkan sejumlah jet tempur dan kapal perangnya untuk melintas dekat Taiwan, terutama sejak Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memerintah pada 2016 lalu.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: