Menhan Ryamizard : Konsep ‘Our Eyes’ Mendunia

0

Singapura, Teritorial.com – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menginisiasi konsep saling bertukar informasi antar negara bernama ‘Our Eyes’ untuk memerangi terorisme. Ryamizard mengatakan konsep tersebut tak hanya dikenal di ASEAN tapi juga negara-negara maju lainnya.

“(Our Eyes) ini bukannya ASEAN saja, konsep ‘Our Eyes’ itu dunia. Amerika Serikat, Australia, Rusia itu sahabat untuk saling bertukar informasi. Jadi ‘Our Eyes’ ini sudah mendunia,” kata Ryamizard pada ASEAN Defense Minsiters’ Meeting (ADMM) Plus di Hotel Shangrila, Singapura, Sabtu (20/10/2018).

Ryamizard mengatakan konsep tersebut dapat digunakan untuk memerangi terorisme khusunya yang ada di Asia Tenggara. Saat ini, Indonesia fokus bekerjasama dengan Malaysia, Filpina dan Brunei Darussalam untuk mememerangi terorisme.

“Yang lainnya bukan tidak diajak. Tapi yang bersangkutan dulu, kemudian monitor, kemudian untuk memberikan bantuan sewaktu-waktu,” jelasnya.

ASEAN juga berencana melakukan latihan maritim bersama dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) pada tahun ini dan Amerika Serikat pada tahun 2019. Ryamizard menyambut baik rencana tersebut untuk saling mendekatkan hubungan antar warga.

“Apapun bentuk latihan, latihan dengan China kemudian ada dengan ASEAN, dengan Amerika itu bagus. Mengurangi ketegangan, meningkatkan profesionalitas,” sebut Ryamizard

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: