Pembelian S-400 dari Rusia Jadi Kesepakatan Penting bagi Turki

0

Ankara, Teritorial.Com – Kesepakatan pembelian sistem pertahanan rudal S-400 dengan Rusia menjadi kesepakatan terpenting dalam sejarah Turki modern.

“Kesepakatan terpenting dalam sejarah kami saat ini adalah perjanjian S-400,” kata Erdogan kepada wartawan di istana kepresidenan di Istanbul, seperti dikutip Haberler.

Lebih lanjut Erdogan menyatakan bahwa Turki tidak bersiap untuk perang dengan pembelian S-400. Pembelian sistem pertahanan udara tersebut memang dirancang Turki untuk memastikan perdamaian dan keamanan negara mereka, sekaligus untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Turki.

Erdogan mengaku telah membahas ide produksi bersama sistem itu dengan Rusia pada saat pertemuan G-20 di Jepang baru-baru ini. Selanjutnya, Turki juga membahas perihal prospek pembelian sistem pertahanan S-400  milik Rusia di kemudian hari.

Proses pengiriman  S-400 akan dijadwalkan selesai pada April 2020 dimana bagian dari pekerjaan dalam memasang sistem tersebut  akan selesai pada akhir tahun 2019.

Sebelumnya Turki telah menandatangani kontrak pembelian sempat set batalion S-400 pada akhir 2017 senilai USD2,5 miliar. Namun, setahun kemudian AS menawarkan kesepakatan kepada Turki untuk membeli sistem pertahanan udara Patriot PAC-3 senilai USD3,5 miliar. Ankara memang tidak mengesampingkan tawaran Patriot PAC-3 milik AS, namun Turki telah mengindikasi bahwa mereka tidak akan membeli sistem pertahanan AS tersebut.

Selanjutnya,  disinggung tentang F-35, Erdogan menjelaskan bahwa  pesawat jet tempur F-35 dan ancaman Amerika Serikat (AS) untuk membatalkan pengiriman pesawat siluman itu karena keputusan Ankara membeli sistem pertahanan udara Rusia. Dia menegaskan keduanya adalah masalah yang terpisah.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: