Tegur China, Duterte: Tak Berhak Usir Pesawat Kapal Negara Lain

0

Manila, Teritorial.Com – Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengingatkan China bahwa negara itu tidak memiliki hak untuk mengusir pesawat ataupun kapal negara lain yang melintasi pulau buatan miliknya di wilayah yang dipersengketakan. Lebih lanjut Duterte berharap Cina dapat melunakkan sikapnya dan menghentikan pembatasan pergerakan yang dapat mengarah kepada bentrokan,

“Anda tak dapat menciptakan sebuah pulau. Ini buatan manusia dan Anda katakan ruang udara di atas pulau buatan ini milik Anda. Ini salah karena perairan itu yang kami pandang laut internasional. Dan hak untuk perlintasan dijamin,” ucap Duterte dalam pidato pada Selasa malam (14/8).

Dua pekan sebelumnya, Filipina juga telah menyampaikan keprihatinannya atas meningkatnya panggilan peringkatan oleh China melalui radio yang meminta kapal dan pesawat Filipina untuk menjauh dari pulau-pulau buatan China di perairan yang disengketakan.

Kementerian Luar Negeri Cina belum menanggapi perihal pernyataan yang disampaikan oleh Duterte. Sementara itu, Presiden Filipina menerapkan kebijakan untuk terus berhubungan dengan Beijing untuk mendapatkan bantuan, pinjaman, dan investasi bernilai jutaan dolar. Duterte juga membantah tudingan yang menyebut bahwa ia menyerah pada tekanan China dan telah menterahkan kedaulatan Filipina.

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: