Terbang di Langit Alaska, Bomber Tu-95 Milik Rusia Dicegat Empat Jet Tempur AS

0

Washington, Teritorial.Com – Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD) mengidentifikasi sepasang pesawat pengebom (bomber) Tu-95 milik Rusia terbang di wilayah Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Alaska, Kanada, Kamis (9/8)

Merespons hal tersebut, dua pesawat tempur F-22 dan dua unit CF-18 milik Amerika Serikat (AS) dikabarkan mengintersepsi dua bomber milik Rusia tersebut.

“Dua pesawat tempur F-22 dan dua CF-18 yang didukung oleh E-3 Sentry, sebuah KC-135 Stratotanker dan sebuah tanker C-130 dari NORAD secara positif mengidentifikasi dan mencegat dua bomber Tu-95 Bear di ADIZ Alaska dan Kanada pada 8 Agustus,” kata komando tersebut yang dikutip dari akun Twitter-nya, @NORADCommand, Jumat (9/8/2019).

Melansir Sputniknews, Kementerian Pertahanan Rusia justru menyatakan dua pesawat bomber Tu-95 milik Rusia terbang di atas Laut Bering yang merupakan perairan netral. Kedua pesawat pengebom strategis itu tengah melakukan penerbangan patroli 10 jam sebagai bagian dari latihan Angkatan Laut Ocean Shield-2019.

Rusia menggelar Latihan Angkatan laut Ocean Shield-2019 yang berlangsung di Laut Baltik dengan melibatkan 70 kapal tempur dan kapal pendukung lainnya. Selain itu, terdapat 58 pesawat Angkatan Laut Rusia dan Angkatan Dirgantara. Latihan ini telah dilaksanakan sejak 1 Agustus dan berakhir pada 9 Agustus 2019.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: