Terjunkan Kapal Selam, Jepang Gelar Latihan Militer di Laut China Selatan

0

Tokyo, Teritorial.Com – Kapal selam Jepang untuk pertama kali bergabung dalam latihan militer di Laut China Selatan. Langkah ini merupakan bentuk meluasnya aktivitas Tokyo di perairan yang diklaim oleh China dan negara-negara lain.

Dikutip kantor berita Channel News Asia, juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang menyatakan bahwa kapal selam JS Kuroshio (Oyashio-class submarine), milik Pasukan Bela Diri Jepang, berlatih di Laut China Selatan pada Kamis (13/9/2018) dan bergabung dengan tiga kapal perang Jepang di perairan barat daya dari Scarborough Shoal yang dikuasai oleh China.

Scarborough merupakan wilayah yang dipersengketakan oleh Filipina dan China. Selanjutnya, wilayah tersebut berakhir di bawah kekuasaan Beijing. Latihan ini meliputi upaya kapal selam menghindari deteksi dan dilakukan jauh dari pulau buatan China yang menjadi pangkalan militer negara itu.

Meski demikian, latihan militer ini berpotensi mendapatkan respon keras dari China karena kapal selam menjadi potensi ancaman yang lebih besar pada pelayaran di bandingkan kapal-kapal perang di permukaan laut.

Merespon hal ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China Geng Shuang menyatakan bahwa China mendorong negara-negara eksternal terkait untuk menghormati upaya yang dibuat oleh negara-negara regional untuk menyelesaikan isu Laut China Selatan melalui perundingan. Geng Shuang menambahkan bahwa aksi tanpa peringatan dapat merusak perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Kapal selam Jepang juga berencana akan berlabuh di Cam Ranh, Vietnam untuk memperlihatkan kerja sama pertahanan antara Tokyo dan Hanoi. Kunjungan kapal selam ke pelabuhan yang strategis ini merupakan yang pertama sejak Perang Dunia II.

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: