6 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Pendaki Pemula

0

Teritorial.com – Kekayaan alam Indonesia yang sangat beragam, sering kali menjadi daya tarik wisata baik bagi turis domestik maupun turis mancanegara. Salah satu tempat wisata yang saat ini cukup diminati yaitu wisata ke puncak gunung yang banyak terhampar di seluruh wilayah Indonesia.

Mendaki gunung menjadi satu wisata yang populer terutama dikalangan anak-anak muda karena mereka tidak hanya akan menikmati pemandangan alam yang sangat indah saat mereka mencapai ke puncak gunung, namun mereka juga perlu menghadapi tantangan yang harus mereka lewati hingga akhirnya mereka sampai ke puncak.

Banyak diantara para pendaki yang mengaku lebih menikmati keindahan alam setelah usaha luar biasa mereka untuk bisa sampai ke puncak. Kisah para pendaki serta berbagai potret keindahan alam dari puncak gunung menjadi salah satu alasan semakin banyaknya para pendaki pemula yang juga ingin merasakan pengalaman mendaki gunung.

Bagi para pendaki pemula yang baru pertama kali naik gunung, berikut beberapa tips bagi anda untuk mempersiapkan perjalanan anda mendaki gunung:

1. Pelajari medan gunung yang akan didaki
Carilah dulu informasi mengenai gunung yang akan didaki sebelum anda melakukan pendakian. Pelajari bagaimana medan yang akan anda tempuh dan jika diperlukan, tanyakan kepada para pendaki yang telah berpengalaman sehingga anda tahu apa yang harus anda persiapkan selama pendakian.

2. Mendaki saat akhir pekan
Biasanya pada akhri pekan, pendakian akan cenderung ramai sehingga mengurangi resiko tersesat bagi pendaki pemula. Semakin banyak orang yang melakukan pendakian maka semakin aman pendakian anda. Jika anda sudah lebih berpengalaman anda bisa menghindari waktu-waktu ramai untuk melakukan pendakian secara lebih khidmat.

3. Olah Raga
Olah raga merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi pendaki pemula sebelum malakukan pendakian gunung. Anda perlu melatih otot-otot kaki dan keseimbangan anda untuk menghadapi medan yang akan anda tempuh selama pendakian. Jika otot kaki dan keseimbangan anda suda terlatih maka anda akan siap menghadapi medan-medan yang sulit sekalipun. Melatih otot kaki dan keseimbangan dapat anda lakukan minimal satu minggu sebelum pendakian dengan berbagai cara seperti berlari dan senam-senam kecil setiap pagi atau sore hari.

4. Menjaga kesehatan
Sebelum melakukan pendakian pastikan tubuh anda sedang berada dalam kondisi yang fit. Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang akan menguras tenaga anda, karena anda akan melakukan perjalanan selama berjam-jam dengan jalanan yang terus menanjak untuk bisa mencapai puncak. Jika kondisi tubuh anda kurang fit dikhawatirkan pendakian anda justru akan terhambat. Selain itu keterbatasan fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau klinik yang sangat jauh juga dapat menyulitkan diri anda jika memaksakan untuk melakukan pendakian dalam kondisi tubuh yang tidak sehat. Jika anda melakukan perjalanan ini dengan orang lain, anda justru akan menjadi beban bagi teman perjalanan anda.

5. Persiapkan perlengkapan mendaki sebaik mungkin
Beberapa perlengkapan pendakian yang wajib anda bawa diantaranya adalah tenda, jaket, peralatan masak, obat-obatan pribadi, trekking pole, senter, dan sarung tangan. Anda juga perlu menyiapkan alat navigasi seperti kompas dan peta agar tidak tersesat. Pastikan pula anda menggunakan alas kaki yang nyaman karena anda akan berjalan selama berjam-jam.

6. Tidak boleh gensi saat mendaki
Bagi pendaki pemula, sebaiknya tidak melakukan pendakian sendiri. Ajak rekan atau anda bisa bergabung dengan pendaki lain untuk melakukan perjalanan bersama-sama. Jika anda lelah jangan gengsi untuk meminta istirahat sejenak kepada rombongan anda. Karena jika anda terus memaksakan tubuh anda yang sudah kelelahan maka resikonya akan semakin tinggi.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: