Cegah Penyebaran Covid-19,Gunung Bromo Ditutup Sementara Hingga 31 Maret 2020

0

Malang, Teritorial.Com – Kawasan Gunung Bromo, termasuk Gunung Semeru di Jawa Timur akan ditutup sementara ebagai bentuk antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19. Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) John Kennedie menjelaskan bahwa penutupan sementara kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru bagi para wisatawan dilakukan sejak 19-31 Maret 2020.

“Kebijakan penutupan sementara itu merupakan upaya Balai besar TNBTS mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas kepada masyarakat,petugas, dan pengunjung wisata,” kata John, di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (18/3) seperti dikuti Antara.

Penutupan ini juga dilakukan berdasar Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Surta Edaran Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, serta Surat Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

John menambahkan penutupan sementara ini akan dievaluasi secara berkala dengan memperhatikan kebijakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta pemerintah daerah.

Selain itu, John juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik namun selalu waspada untuk mengatantisipasi penyebaran virus yang sudah menjangkiti 153 negara tersebut.

“Masyarakat kam minta tetap tenang, dan tidak panik, serta selalu waspada,” ujarnya.

Sebagai salah satu destinasi unggulan di Jawa Timur dan juga nasional, Gunung Bromo tercatat menarik atensi wisatawan dalam negeri hingga luar negeri. Pada tahun 2019, tercatat sejumlah 690.831 orang berkunjung ke Taman Nasional bromo Tengger Semeru.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 669.422 orang merupakan wisatawan dalam negeri, sementara 21.409 lainnya merupakan wisatawan mancanegara. Sementara itu, total penerimaan negara bukan pajak (PNPB) dari kunjungan wisatawan pad a209 mencapai Rp22,86 miliar.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: