Empat Taman Geopark Indonesia Diakui Dunia Internasional

0

Jakarta, Teritorial.Com – Tercatat telah memiliki empat taman bumi atau geopark yang telah mendapat pengakuan UNESCO (UNESCO Global Geopark/UGG), selanjutnya pemerintah akan mengoptimalkan pemanfaatan geopark untuk menunjang target pembangunan berkelanjutan. Dengan begitu sisi positif bagi pemerintah adalah terkait peningkatan jumlah tujuan wisata.

Geopark sebagai alternatif tujuan wisata diharapkan mampu menyerap lebih dari 1,1 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019. Empat taman bumi atau geopark yakni Batur, Gunung Sewu, Gunung Rinjani, dan Ciletuh. Selain itu, juga terdapat tujuh kawasan Geopark Nasional, serta sekitar 80 kawasan yang menjadi kandidat Geopark Nasional pada 2025.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, geopark mudah dijual untuk kepariwisataan. Sebagai pemban ding, kata Menpar, China memiliki 37 UGG yang dikunjungi 436 juta wisatawan pada 2015, dengan pendapatan mencapai Rp100 triliun. UGG Jeju di Korea Selatan juga dikunjungi 7,7 juta wisatawan per tahun.

“Geopark Gunung Sewu juga ratusan persen kenaikan kunjungan wisatanya, dikunjungi hampir 5 juta wisatawan. Saya tegaskan bahwa pariwisata itu industri paling mudah dan murah menaikkan pendapatan per kapita dan sebagian besar uangnya langsung ke masyarakat,” ujarnya.

Menpar menambahkan, wisata geopark termasuk ke dalam kategori ekowisata. Tahun depan ditargetkan sebanyak 1,1 juta wisman yang berwisata geoparkdi Indonesia atau berkontribusi 5% terhadap target 2019 yang sebanyak 20 juta wisman.

Perlu diketahui geopark merupakan sebuah wilayah geografi yang memiliki warisan dan keanekaragaman geologi yang bernilai tinggi, termasuk di dalamnya keanekaragaman hayati dan budaya. Dikutip dari laman UNESCO, UNESCO Global Geopark menjadi sebuah wilayah geografis dimana situs dan lanskap yang menjadi aset geologis Internasional dikelola dengan konsep konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat secara terpadu. (SON)

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: