IISMEX Indo Securty Firex

Panjang 243 Meter Jembatan Gantung Situ Gunung Terpanjang Di Indonesia

0

Sukabumi, Teritorial.Com – Jembatan Situ Gunung Sukabumi memiliki panjang 243 meter dan tinggi 107 meter, juga memiliki lebar 1,2 meter. Jembatan yang dibuat dari kayu Ulin ini didaulat sebagai Jembatan Gantung terpanjang se Indonesia. Jembatan ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) yang berlokasi di Sukabumi.

Sejak resmi dibuka, Jembatan Gantung Situ Gunung selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun wisatawan dari luar. Kawasan Situ Gunung dibuka pada pukul 7.30 hingga pukul 17.00 , dengan biaya masuk Rp. 70.000 (50.000 untuk masuk ke jembatan Situ Gunung dan 20.000 untuk biaya masuk ke kawasan situ gunung, mencakup biaya masuk ke Curug Sawer dan Danau ). Pagi adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Jembatan Situ Gunung. Di pagi hari biasannya kabut masih naik hinggaberada di pucuk pohon-pohon yang berada di hutan pegunungan Gede Pangrango

Welcome drink bagi pengunjung

Jarak antara pintu masuk utama dengan jembatan gantung tidaklah jauh, dengan medan jalan yang sedikit menurun. Sepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan alam TNGGP yang hijau. Terdapat welcome drink dan cemilan khas Indonesia seperti ubi, pisang dan jagung yang diperuntukkan bagi pengunjung jika akan memasuki Jembatan Situ Gunung.

Sebelum masuk ke Jembatan Gantung, akan ada pengawas yang memasangkan alat keselataman kepada pengunjung. Pengawas juga akan memberitahu aturan-aturan yang harus ditaati ketika berada di atas jembatan, seperti dilarang berlarian, tidak boleh melompat-lompat dan tidak menjulurkan kaki ke luar jembatan. Jembatan Gantung Situ Gunung mampu menampung pengunjung sebanyak 40-50 orang dalam satu waktu.

Curug Sawer

Jika berjalan terus melewati Jembatan Gantung, pengunjung akan dibawa ke Curug/air terjun Sawer. Namun pengunjung tidak diperkenankan bermain di sekitar Curug Sawer karena arus Curug yang sangat deras. Jika ingin bermain air, pengunjung bisa bermain di aliran air curug Sawer.

Selain Jembatan Gantung dan Curug Sawer, di dalam kawasan Situ Gunung juga terdapat danau dan fasilitas outbound. Terdapat juga camping ground bagi pengunjung yang ingin camping. Bagi pengunjung yang ingin meminjam peralatan camping, di kawasan Situ Gunung terdapat tempat penyewaan perlatan camping. Bisa menghubungi nomor 085759976870 jika ingin meminjam peralatan camping.

 

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: