Indo Securty Firex

Mengeksplore Keindahan Tempat Wisata Malasari, Bogor

0

Teritorial.com – Bogor menjadi salah satu tempat yang seringkali dijadikan tujuan wisata bagi masyarakat terutama mereka yang berdomisili di sekitar Jabodetabek. Selain wilayahnya yang cukup terjangkau, Bogor juga memiliki banyak tempat wisata alam yang dapat membantu untuk melepaskan stress dari rutinitas sehari-hari.

Selain Puncak dan beberapa wisata lainnya Bogor masih memiliki tempat wisata alam yang dapat dieksplor sebagai alternatif tujuan liburan yaitu Malasari.

Letak Malasari yang berada di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menawarkan kecantikan alami ekosistem gunung Halimun kepada pengunjung diantaranya yaitu:

1. Keberagaman Flora dan Fauna
Letak desa wisata Malasari yang 78% areanya berada di Taman Nasional Halimun Salak, memungkinkan pengunjung dapat menemukan fauna dan flora yang beragam di taman tersebut. Kawasan Hutan hujan dengan dataran yang rendah menawarkan berton-ton tanaman endemik dan hewan unik seperti owa jawa, macan tutul, elang jawa, dan kukang.

2. Keindahan Sawah Warga Setempat
Masyarakat setempat yang masih menggunakan sistem dan pola tanam tradisional dapat memberikan pengalaman langsung kepada pengunjung bagaimana tradisi petani lokal. Pengunjung dapat menikmati upacara panen seren taun di sini, sekaligus berswafoto cantik.

3. Perkebunan Teh Nirmala Agung
Perkebunan teh Nirmala Agung yang didirikan pada masa kolonial Belanda mencakup 11,8% dari kawasan desa wisata itu. Pengunjung dapat berjalan-jalan di kebun teh sambil menghirup udara pedesaan yang segar di kota hujan. Suasana yang hijau dan asri dapat membantu anda melepaskan kepenatan akan rutinitas sehari-hari.

4. Air Terjun dan Sungai
Tidak hanya pemandangan perkebunan dan sawah, Malasari juga memiliki tempat wisata air yang cukup indah. Malasari dikelilingi oleh sungai Cikaniki dan Cidurian dan beberapa air terjun, seperti air terjun Bajing dan Pasakan.

5. Jejak Kanopi
Di desa wisata Malasari ini anda dapat melihat sebuah jembatan kanopi yang menghubungkan beberapa pohon besar. Jembatan tersebut dibangun pada tahun 1998 sepanjang 120 meter. Anda dapat berjalan di atas jembatan tersebut untuk melihat pemandangan yang lebih luas atau sekedar memacu adrenalin anda merasakan jembatan dengan tinggi 25m di atas permukaan tanah.

6. Liburan Sambil Belajar Sejarah
Desa wisata ini juga menjadi tuan rumah bagi pelopor Kabupaten Bogor, Boepati Hall 1947, yang merupakan pusat administrasi pertamanya, yang dipimpin oleh Rd. Ipit Gandaman. Ada juga beberapa reruntuhan lain yang bisa dieksplorasi.

7.Penginapan ala Rumah Tradisional Sunda
Jika anda dan keluarga tertarik untuk menikmati pengalaman anda di Malasari lebih lama dan memutuskan untuk bermalam, anda dapat mengunjungi homestay Abah Nduy untuk merasakan menginap di rumah tradisional Sunda. Tempat penginapan tersebut terletak tepat di belakang Boepati Hall. Namun, pengunjung juga diperbolehkan mendirikan tenda di area perkemahan yang tersedia.

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: