Pesona Wisata Alam di Halong Bay, Vietnam

0

Halong Bay, Teritorial.Com – Menikmati perjalanan keluar negeri kini sudah semakin mudah dilakukan oleh wisatawan Indonesia, terutama perjalanan ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Selain dekat dan harga relatif terjangkau, perjalanan menuju negara-negara di kawasan Asia Tenggara kini tidak lagi menggunakan Visa. Salah satu lokasi wisata di Asia Tenggara dengan keindahan pesona alamnya yang menarik untuk dikunjungi adalah gugusan pulau di Halong Bay, Vietnam.

Halong Bay terletak di sebelah utara Vietnam tepatnya di Teluk Tonkin. Wilayah yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia ini terbentuk oleh pulau- pulau yang jumlanya sekitar 1900 pulau dengan ukuran yang beragam. Beberapa wisatawan Indonesia yang pernah mendatangi Halong Bay mengatakan bahwa tempat wisata tersebut hampir mirip dengan gugusan pulau yang di wilayah Raja Ampat, Papua. Namun tentu kedua tempat wisata tersebut memiliki keunikannya masing-masing. Nama Halong bay sendiri, menurut penduduk sekitar, memiliki arti Naga yang sedang turun.

Istilah tersebut digunakan masyarakat untuk menggambarkan keindahan gugusan pulau di Halong Bay yang terlihat seperti tubuh naga yang meliuk-liuk di air. Untuk menyusuri pulau-pulau tersebut wisatawan dapat menggunakan fasilitas perahu yang siap mengantarkan para pengunjung untuk melihat lebih dekat pulau-pulau yang ada di sana. Salah satu pulau yang cukup menarik untuk dijelajahi yaitu Pulau Dau Go yang terletak di sebelah Selatan Halong Bay. Di pulau tersebut wisatawan dapat mengunjungi Gua Thien Chung yang menawarkan keindahan batuan staklatit dan staklamit dilengkapi lampu-lampu sorot warna-warni yang menambah keindahan bebatuan tersebut.

Beberapa batuan staklatit dan staklamit yang ada disana terlihat seperti bentuk makhluk-makhluk mitos semacam naga, burung phoniex, bahkan istana kaisar sehingga warga sekitar menyebutnya sebagai Gua Surga. Selain menjelajahi pulau-pulau yang ada di Halong Bay, wisatawan juga dapat menikmati liburannya dengan menyusuri gugusan pulau yang ada disana sambil menikmati santapan seafood di dalam perahu. Beberapa perahu dengan konsep seperti restoran berjalan banyak ditemui di sekitar pelabuhan di Halong Bay. Bagi wisatawan yang lebih senang menikmati pemandangan pulau-pulau di Halong Bay dari jauh dapat menggunakan fasilitas perahu tersebut dan menikmati sensasi makan di atas perahu dengan pemandangan pulau-pulau yang indah.

Penulis: Larasari Dyah Indriyani

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: