Alumni UI Lintas Generasi: Ngabalin Jual Nama Universitas Indonesia Dukung Jokowi

0

Jakarta, Teritorial.Com – Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin yang sempat viral di sosmed lantaran mencatut nama Universitas Indonesia (UI) dalam mendukung Jokowi dua periode akhirnya berbuntut panjang. Atas tindakan Ngabalin ini, Solidaritas Alumni Universitas Indonesia Lintas Generasi meminta Rektor UI bersikap tegas.

Khawatir akan campur tangan dunia politik praktis dalam dunia akademis, Rektor UI (Universitas Indonesia) didesak untuk memberikan peringatan keras terhadap Ali Mochtar Ngabalin yang dinilai telah melakukan provokasi dan membecah belah bangsa dengan mencatut nama UI.

Apa yang dilakukan oleh Ngabalin tersebut tentunya sangat merugikan tidak hanya bagi UI sebagai institusi pendidikan namun bagi seluruh masyarakat terpelajar di Indonesia. Kampus yang seharusnya bersih dari praktik kotor politik praktis kini dirusak oleh tokoh ulung pendukung Jokowi dua Periode tersebut.

Alumni UI Lintas Generasi menilai bahwal prilaku tidak bertanggungjawab tersebut sangat tidak masuk akal, hanya karena untuk mendukung salah satu calon presiden yang nantinya akan bertarung di Pemilu 2019, seluruh manuver politik dikerahkan hingga mengeluarkan pernyataan tidak pantas tanpa mengindahkan fungsi sosial di masyarakat.

“Mencermati situasi politik yang berkembang saat ini, kami Solidaritas Alumni UI Lintas Generasi, merasa prihatin dan menyatakan sikap. Satu meminta nama Universitas Indonesia tidak digunakan oleh Ali Mochtar Ngabalin dkk untuk dijual dan tidak untuk memberikan dukungan kepada pihak manapun dalam Pilpres 2019,” ungkap Alumni UI, dalam siaran persnya, Minggu, 5 Agustus 2018.

Kedua, Alumni UI, menuntut kepada Rektor Universitas Indonesia untuk memberikan teguran keras dan tertulis kepada Ali Mochtar Ngabalin dkk atas penggunaan nama Universitas Indonesia dalam video lanjutan, lawan libas yang beredar di media sosial. Dalam video tersebut Ngabalin dinilai telah melakukan sikap mengadu domba terhadap anak bangsa.

Dalam video singkatnya, Ali Mochtar Ngabalin menyerukan slogan ‘lanjutkan, lawan, libas!’ Dalam video tersebut, Ngabalin bersama relawan pro-Jokowi (Projo) yang menamai diri Komunitas Anak Bangsa mengatakan jika mereka adalah para alumni UI, dan dirinya juga alumni UI. Mereka sepakat untuk mendukung Jokowi lanjut dua periode.

“Saudara sebangsa dan setanah air, kami semua alumni UI masyarakat yang amat terpelajar, kami tergabung dalam Komunitas Anak Bangsa for Jokowi 2 periode. Simbol kami: lanjutkan, lawan, libas! UI for Jokowi!” kata Ngabalin disambut para anggota Komunitas Anak Bangsa di sekitarnya itu.

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: