BMKG: Gempa di Bali Tidak Berpotensi Tsunami

0

Teritorial.com – Gempa bumi mengguncang wilayah Bali dan sekitarnya pada hari Senin 12 Agustus 2019 pada pukul 05.51 WIB.

Berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5,0 dimana titik gempa berada di 9.92 lintang selatan dan 113.89 bujur timur.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan bahwa titik gempa berada di 189 kilometer barat daya Jembaran, Bali dengan kedalaman 68 kilometer. Ia juga mengatakan bahwa gempa di bali tersebut tidak berpotensi Tsunami.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M 5,0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M 4,9,” kata Triyono.

Triyono juga menjelaskan bahwa dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, terlihat gempa berkedalaman relatif dangkal ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempang Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik (thrust fault),” ujarnya.

Guncangan gempa dirasakan di wilayah Denpasar, Kuta, Banyuwangi dan Jember II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda yang digantung bergoyang).

“Hingga pukul 06.12 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 3 kali gempa susulan,” pungkas Triyono.

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: