Penlantikan 575 Anggota DPR Periode 2019-2024, Berikut Daftar Selengkapnya

0

Jakarta, Teritorial.Com – Sebanyak 575 anggota DPR RI yang terpilih dalam Pemilu 2019 telah dilantik pada Selasa (1/10/2019) kemarin. Mereka mengambil sumpah sebagai anggota DPR dalam sidang paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta.

Acara pelantikan dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai 11.40 WIB. Pelantikan 575 anggota DPR dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pengambilan sumpah jabatan ini dipandu Ketua Mahkamah Agung (MA), Hatta Ali.

Sebelum pengambilan sumpah, Hatta Ali mengingatkan kepada 575 anggota DPR bahwa sumpah dan janji ini harus dipenuhi. Berikut bunyi sumpah dan janji yang diucapkan para anggota DPR: “Saya bersumpah saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sesuai dengan pedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Seusai pengucapan janji sumpah jabatan, perwakilan anggota DPR RI secara simbolis menandatangani berita acara pengucapan sumpah janji jabatan.

Kemudian berita acara juga ditandatangani oleh para rohaniwan dan Ketua MA Hatta Ali. Sejumlah nama lama memang masih menghiasi wajah DPR RI selama lima tahun ke depan. Sebut saja Fadli Zon, Sufmi Dasco Ahmad, Desmond Junaidi Mahesa dari Partai Gerindra. Juga ada Mardani Ali Sera dari PKS, Ace Hasan Syadzily, Bambang Soesatyo dari Golkar, Aria Bima, Adian Napitupulu dari PDIP.

Namun tak sedikit juga wajah baru yang akan menghiasi wajah Parlemen kita. Termasuk 14 artis yang sukses melenggang ke Senayan. Sebut saja Krisdayanti dari PDIP, Tommy Kurniawan dari PKB, Farhan dari NasDem, hingga yang terakhir bergabung adalah Mulan Jameela dari Partai Gerindra.

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: