Sebelum Dipulangkan,WNI di Natuna Akan Dikumpulkan di Jakarta Pasca Observasi

0

Natuna, Teritorial.Com – Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Achmad Yurianto menyebut ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tengah menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau rencanya akan dikumpulkan terlebih dahulu di Jakarta, sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing.

“Yang penting mereka dalam kondisi sehat, setelah 14 hari baru akan dipulangkan, tapi dikumpulkan di Jakarta dulu, dari sana baru diperbolehkan pulang,” ujar Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Achmad Yurianto, Senin (10/2).

Achmad mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan skenario pemulangan WNI. Kata Achmad, syarat utama pemulangan WNI itu kondisi kesehatan WNI.

“Intinya mereka harus sehat, nanti kalau masih ada yang sakit kita diskusikan dahulu ke depannya gimana,” katanya.

Observasi WNI dari China di Kepulauan Natuna, yang terdiri dari 237 WNI yang dievakuasi, satu WNA, lima orang tim Kementerian Luar Negeri, 18 orang pegawai Batik Air, dan 24 tim penjemput hingga Senin (10/2) telah berlangsung selama 8 hari terhitung sejak 2 Februari 2020.

Kemenkes menyatakan selama 8 hari pemantauan, tidak ditemukan tanda-tanda orang yang terinfeksi virus corona, seperti gejala demam tinggi, flu, dan kesulitan bernafas.

Observasi ini dijadwalkan akan berlangsung selama dua pekan (14 hari) untuk memastikan bahwa mereka tidak terjangkit virus corona.

Selain itu, observasi ini juga dilakukan sebagai upaya pengendalian dan pencegahan masuknya virus Corona ke Indonesia.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: