Arti Warna Merah dan Kuning Emas yang Identik dengan Perayaan Imlek

0

Jakarta, Teritorial.Com – Tahun Baru Imlek menjadi perayaan yang penting bagi masyarakat Tionghoa. Tahun ini, perayaan Imlek 2571 Kongzili jatuh pada hari Sabtu, 25 Januari 2020.

Tarian barongsai, jeruk mandarin, kue keranjang menjadi ciri khas dalam setiap perayaan Tahun Baru Imlek. Selain itu, masyarakat Tionghoa juga kerap memakai pakaian berwarna merah dan tak lupa menghias rumah mereka dengan berbagai hiasan bernuansa merah dan kuning keemasan.

Warna merah dan emas menjadi dua warna yang tidak terlepas dari setiap perayaan Imlek. Warna merah memiliki keberuntungan atau keselamatan untuk tahun baru.

Warna merah kerap ditemui pada warna lampion yang menghias di sepanjang jalan dekat kelenteng atau di berbagai tempat publik saat perayaan Imlek.

Sementara warna emas atau kuning keemasan melambangkan kehangatan, kemakmuran, kesejahteraan, kekayaan dan kebahagian dalam kebudayaan Tiongkok.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika warna merah dan emas kerap menghiasai berbagai ornamen hiasan saat perayaan Imlek, karena kedua warna tersebut diharapkan dapat membawa aura positif bagi masyarakat.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: