Polandia Bersedia Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina, Asalkan…

0

Jakarta, Teritorial.com – Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki, pada Senin (30/1) mengumumkan bahwa pihaknya akan mengirim jet tempur F-16 ke Ukraina, tetapi hanya jika negara-negara NATO lainnya juga melakukan pengiriman secara terkoordinasi.

Morawiecki mengatakan Warsawa mengoordinasikan semua tindakan yang berkaitan dengan penguatan kemampuan pertahanan Kiev dengan mitra NATO-nya, terutama dengan AS yang baru-baru ini mengumumkan akan mengirimkan sistem pertahanan udara Patriot dan tank M1 Abrams dan Leopard 2 ke Kiev.

“Dan seperti yang terjadi beberapa bulan lalu dengan pesawat MiG-29, bantuan pesawat lainnya akan dikoordinasikan, dilaksanakan dan, mungkin, ditransfer bersama dengan negara anggota NATO lainnya. Kami akan bertindak dalam koordinasi penuh di sini,” kata Morawiecki, dikutip Jitunews dari Russia Today.

Rusia Temukan Bukti Baru soal Program Laboratorium Biologi AS di Ukraina.

Pernyataan tersebut muncul setelah media Polandia melaporkan pada pekan lalu bahwa Warsawa diduga telah mentransfer sejumlah MiG-29 ke Ukraina pada Maret 2022.

Menurut beberapa narasumber anonim, pesawat-pesawat tersebut dikirim dengan metode perakitan, yang artinya dikirim dalam keadaan dibongkar dan dinyatakan sebagai suku cadang.

“Badan pesawat dan sayap juga merupakan suku cadang,” tulis DGP pada hari Rabu, mengutip orang dalam pemerintah Polandia yang tidak disebut namanya.

Sejak Rusia meluncurkan operasi militernya di Ukraina pada akhir Februari tahun lalu, Washington telah menjadi salah satu pemasok utama bantuan militer ke Kiev. Namun, AS sejauh ini masih ragu-ragu untuk menyediakan persenjataan canggih seperti pesawat tempur modern, karena khawatir mereka dapat digunakan untuk menyerang wilayah Rusia dan pada akhirnya mengarah pada konfrontasi langsung antara Moskow dan NATO.

Share.

Comments are closed.