Pemimpin Hamas, Ismail Haniyah Terbunuh dalam Serangan Roket di Iran

0

Teheran, Teritorial.com – Pemimpin Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) Ismail Haniyah, telah dibunuh ‘Israel’ di Teheran, demikian pernyataan resmi Hamas.

TRT World melaporkan bahwa sebuah roket menghantam tempat tinggal Ismail Haniyah di Iran pada pukul 2 dini hari waktu setempat.

Hamas mengatakan bahwa Haniyah “meninggal akibat serangan berbahaya Zionis di kediamannya di Teheran.”

Dalam pernyataan lain, Garda Revolusi Iran mengatakan bahwa mereka akan menyelidiki insiden tersebut, “Kami sedang mempelajari detail insiden syahidnya Haniyah di Teheran.”

Ismail Haniyah dilaporkan sedang berada di Iran untuk mengikuti undangan upacara Presiden Iran yang baru terpilih, Masoud Pezeshkian.

Sebelumnya, Kepala Biro Politik Hamas ini memperingatkan terhadap invasi tentara penjajah Israel ke kota Rafah, sekaligus menekankan kesiapan faksi perlawanan di lapangan.

Hal ini terungkap dalam wawancara yang dilakukan Haniyah dengan Anadolu Agency di sela-sela kunjungannya ke Türkiye. Sebelumnya pada hari Sabtu, Presiden Erdogan juga bertemu dengan Haniyah di Istana Dolmabahce di Istanbul, dan mereka membahas “serangan ZIonis terhadap wilayah Palestina, khususnya Gaza.”

Haniyah menjadi tokoh penting Hamas kedua setelah Saleh al-Arouri yang dibunuh ‘Israel’ dalam 10 bulan terakhir.

Share.

Comments are closed.