TNI AL Laksanakan Pendisiplinan Protokol Kesehatan Di Pelabuhan Tual

0

JAKARTA, Teritorial.com – Jajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dari kesatuan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tual terus membantu pemerintah melaksanakan pendisiplinan protokol kesehatan kepada penumpang angkutan laut untuk mencegah penyebaran virus corona. Kegiatan dilaksanakan di pintu- pintu masuk kapal-kapal milik PT.Pelni yang bersandar di Pelabuhan Umum Yos Sudarso Kota Tual pada Minggu (18/7).

Kegiatan yang dilaksanakan Lanal Tual ini merupakan tindak lanjut perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., supaya seluruh prajurit TNI AL totalitas membantu pemerintah mengatasi penyebaran Covid-19. Pendisipinan penerapkan protokol kesehatan ini tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Angkutan Laut Covid-19 Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara. Kegiatan pendisiplinan terdiri dari himbauan dalam penggunaan masker dan pemeriksaan suhu tubuh terhadap 128 penumpang yang turun dan 90 penumpang berangkat menggunakan KM. Tatamailau dengan rute Kaimana-Tual-Timika.

Komandan Lanal Tual Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa, M. Tr. Hanla., selaku Komandan Satgas (Dansatgas) Angkutan Laut Covid-19 menyampaikan bahwa fokus kegiatan selain edukasi yang diberikan kepada pelaku perjalanan, juga untuk membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kita ketahui bersama bahwa salah satu pintu masuk dan mobilisasi masyarakat di Kota Tual dan Langgur adalah pelabuhan, maka kami tetap mengetatkan protkes di wilayah ini, selain dengan edukasi pentingnya penerapan protkes, juga agar terus memotivasi masyarakat agar bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus corona saat ini,” terang Danlanal.

“Sebagai prajurit, masyarakat adalah perhatian utama kami sebagai bentuk abdi kami kepada negara, maka dari itu personel Lanal Tual tetap berjuang sebagai garda terdepan, dalam membantu memberantas Covid-19 di tanah Kei tercinta ini,” sambungnya menegaskan bahwa personel Lanal Tual tidak pernah letih sebagai garda terdepan untuk pemberantasan Covid-19 di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Kegiatan di lapangan dipimpin Dandenpom Lanal Tual Mayor Laut (PM) A.L. Sihotang sebagai Dansubsatgas Angkutan Laut. Pendisiplinan kepada penumpang dimulai pukul 04.00 WIT di KM. Tatamailau bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso pukul 05.00 WIT sampai kapal bertolak dari Pelabuhan Yos Sudarso.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: