Dolar Anjlok, Pengamat Perkirakan Rupiah Membaik di Level Rp 13.990/USD

0

Jakarta, Teritorial.Com – Berpeluang meningkat, dibuka awal pekan ini Rupiah diperkirakan menguat hingga di level Rp 13.990/USD. Penguatan nili tukar Rupiah tidak lain merupakan imas dari anjolknya Mata Uang Dollar Amerika Serikat sejak minggu terakhir.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra menerangkan, pergerakan mata uang Garuda bakal berada di kisaran level Rp13.990 hingga Rp14.090/USD. “Serangkaian data-data ekonomi AS yang lebih bagus dari proyeksi seperti yang terakhir data penjualan ritel AS dan data-data ekonomi Tiongkok yang juga lebih bagus menjadi sentimen,” ujar Ariston di Jakarta, Senin (22/4/2019)

Sambung dia dari perkiraan seperti data Neraca Perdagangan yang surplus tinggi dan data produksi Industri yang tumbuh melebihi ekspektasi telah memberikan gambaran ke pelaku pasar bahwa kondisi ekonomi global tidak seburuk yang dikira selama ini. “Hal ini memberikan sentimen positif ke rupiah, di samping hasil pemilu Indonesia yang lancar,” tandasnya.

Sebelumnya pada sesi sebelum libur panjang, Nilai tukar rupiah terhadap USD pada akhir perdagangan, Kamis (18/4) menjaga tren positif setelah mendapatkan dorongan dari harapan hasil Pemilu 2019. Menurut kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah tertahan pada zona hijau menjadi Rp14.016/USD untuk menjadi sinyal perlawanan mata uang Garuda.

Posisi ini memperlihatkan rupiah mencoba pulih usai sebelumnya berada pada level Rp14.066/USD. Sedangkan data  bersumber dari Limas, rupiah bangkit pada posisi Rp14.055/USD dan selanjutnya Data Yahoo Finance menunjukkan rupiah terus menguat hingga Rp14.040/USD atau lebih baik dari sebelumnya Rp14.080/USD.

Share.

Comments are closed.