Kabar Duka: Sukamdani Sahid Pemilik Hotel Sahid Wafat

0

Jakarta, Teritorial.com – Kabar duka kembali menyelimuti bagsa Indonesia, ekonom sekaligus pengusaha ternama Sukamdani Sahid Gitosardjono telah meninggal dunia hari ini, Kamis (21/12/2017) pukul 09.15 WIB, di usia 89 tahun. Anak dari Sukamdani Sahid Gitosardjono, Haryadi Budisantoso Sukamdani yang merupakan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), nomernya dialihkan ketika ditelpon oleh Tirto untuk dimintai konfirmasi.

Namun kabar yang telah tersebar di kalangan media ini, dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamdani dengan mengirimkan informasi serupa. Jenazah disemayamkan di Rumah Duka, Jalan Imam Bonjol No.50, Jakarta Pusat. Pemakaman ba’da Ashar, di Pondok Pesantren Modern Sahid, Jalan Dasuki Bakri Km 6, Kecamatan Pamijahan. Bogor.

Sukamdani Sahid Gitosardjono, pengusaha kelahiran Solo, 14 Maret 1928 ini dikenal sebagai pengusaha senior di tanah air. Almarhum adalah pemilik jaringan Hotel Sahid dan Hotel Sahid Jaya International. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia selama 2 periode, yakni pada tahun 1982 hingga 1985 dan 1985 hingga 1988.

Sukamdani Sahid Gitosardjono memiliki lima orang anak yaitu:
Dra KR Ay Hj Sarwo Budi Wiyanti
Hj Exacty Budiarsi MBA
KRT H Nugroho Budisatrio MBA BET
KRT Ir H Hariyadi Budisantoso MM
Hj Sri Bimastuti Handayani

Pada 1960 mendirikan PT Sahid Trading & Industrial Co dan lantas mengoperasikan Hotel Sahid Solo. Tahun-tahun berikutnya tumbuh hotel baru dan usahanya berkembang pesat di antaranya industri, perdagangan kertas, biro perjalanan, pariwisata, pertanian, konstruksi, perkebunan. Ia juga pendiri Harian Bisnis Indonesia dan saat ini menjabat pemimpin umum.

Kini Sukamdani mempunyai 14 hotel mencakup 2750 kamar dan sudah menerima 15 tanda jasa dan bintang kehormatan atas karyanya. Di sisi organisasi, Sukamdani mampu membawa Kadin disegani secara legal dan formal menjadi mitra pemerintah. (SON)

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: