Kemendagri Bersama Napindo Siap Gelar ITE 2021

0

JAKARTA, Teritorial.com – Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri bersama PT. Napindo Media Ashatama, menyelenggarakan Rapat Persiapan dan Koordinasi Integrated Technology Event (ITE) 2021 pada hari Jumat, 26 Maret 2021, secara hybrid.

Adapun rapat secara luring bertempat di ruang rapat Lt.3 gedung H Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri. Kegiatan tersebut dibuka oleh Plh. Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Indra Gunawan, SE., M.PA, didampingi Managing Director PT. Napindo Media Ashatama, Arya Seta Wiriadipura, dan Kasubdit Administrasi Kawasan Perkotaan Direktorat Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara, Gensly, SE., M.PA.

Acara yang dilaksanakan secara daring dan luring ini, turut mengundang 21 (dua puluh satu) Kementerian, 6 (enam) Lembaga Pemerintah Non Kementerian, 15 (Lima belas) Asosiasi Pendukung ITE 2021. Peserta rapat yang hadir secara langsung di antaranya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perindustrian, Kementerian Hukum dan HAM, POLRI, dan Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Adapun ITE 2021 ini merupakan serangkaian Pameran Teknologi Terpadu, antara lain: Indonesia International Smart City, Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy, Indo Pooltech, Indo Security dan Indo Firex 2021 Expo & Forum, dan akan digelar pada tanggal 21 – 23 Juli 2021 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta – Indonesia.

Plh. Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Indra Gunawan, yang secara langsung menyampaikan bahwa melalui kegiatan ITE 2021, secara bersama-sama ingin mensejahterakan masyarakat. Lebih lanjut Indra mengungkapkan, “Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan menjembatani, menjadi penghubung antar swasta, pemerintah dan masyarakat, supaya kegiatan yang ada di pihak swasta dapat berjalan sebagaimana mestinya untuk diketahui dan dinikmati oleh masyarakat”.

Tujuan rapat koordinasi ini dilaksanakan adalah untuk memperkenalkan, serta mempromosikan ITE 2021, dengan harapan dalam pelaksanaannya seluruh instansi terkait memberikan dukungan guna kelancaran pelaksanaan.

Selain itu juga menginformasikan penerapan protokol kesehatan COVID-19 selama kegiatan dalam rangka meningkatkan partisipasi dari seluruh stakeholder. Pelaksanaan ITE 2021 diharapkan dapat memberi dampak bagi peningkatan ekonomi Indonesia dan menjadi solusi atas permasalahan perkotaan serta meningkatkan pelayanan perkotaan lebih efektif dan efisien.

Pelaksanaannya sendiri direncanakan akan diikuti oleh 300 perusahaan (225 dalam negeri dan 75 luar negeri), dan menghadirkan 15 negara, dengan jumlah pengunjung diperkirakan sebanyak 7000 orang. Didukung dengan penerapan protokol kesehatan, ITE 2021 diharapkan mampu mendorong percepatan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi negara Indonesia yang mengalami perlambatan akibat kondisi Covid-19.

Berkaca pada kegiatan sebelumnya yang telah dilaksanakan pada tahun 2019, sebagaimana paparan Managing Director PT. Napindo Media Ashatama selaku pelaksana Integrated Technology Event, menyampaikan beberapa capaian diantaranya, pelaksanaan kegiatan ITE 2019 dibuka oleh Wakil Presiden RI, dan dikuti oleh 622 Perusahaan dari 30 negara, serta mampu menghadirkan 19.369 pengunjung dari 38 negara, dengan capaian transaksi sebesar US$13 Miliar.

Dalam sesi diskusi yang dipimpin oleh Kasubdit Administrasi Kawasan Perkotaan Direktorat Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara, Gensly, SE, M.PA disepakati bahwa Kementerian/Lembaga siap mendukung pelaksanaan Integrated Technology Event 2021. Steering Committee dan Organising Committee akan dibentuk untuk memudahkan koordinasi, yang keanggotaannya diisi oleh Kementerian/Lembaga sesuai tugas dan fungsi masing-masing K/L.

Pihak penyelenggara beserta Kementerian Dalam Negeri akan melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait guna merumuskan protokol kesehatan seperti: Kementerian Hukum dan HAM (Dirjen Imigrasi), Satgas Pusat, Kementerian Luar Negeri, untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi peserta dan pengunjung pameran yang akan mengikuti Integrated Technology Event 2021.

Dari Kementerian Luar Negeri akan turut memberikan dukungan melakukan koordinasi dengan Sekretariat ASEAN. Seluruh perkembangan terkini, disosialisasikan melalui kanal informasi kegiatan, sebagai berikut:
: iismex.com / indowater.com / indowaste.com / indorenergy.com / indopooltech.com / indosecurity.com / indofirex.com : Indonesia International Smart City Expo & Forum / Indo Water Expo & Forum / Indo Security Expo & Forum / Indo Firex Expo & Forum : @iismex_expo / @IndoWaterExpo / @indo_security / @IndoFirexExpo.

Informasi kepesertaan dapat dilihat di www.napindo.com. Untuk merencanakan kunjungan Anda ke acara ini, silahkan lakukan Pra-Registrasi sekaligus turut serta dalam Business Matchmaking di https://visitorreg.id/

Share.

Comments are closed.