Pasca Kericuhan 21-22 Mei, Pasar Tanah Abang Kembali Dibuka

0

Teritorial.com – Pasar Tanah Abang hari ini, Jumat, 24 Mei 2019, mulai kembali beraktivitas. Sebelumnya Pasar Tanah Abang sempat di tutup akibat kerusuhan yang terjadi di depan Gedung Bawaslu pada 21-22 Mei kemarin. Namun kini terlihat beberapa toko sudah memulai aktivitas seperti biasa.

Direktur Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin, telah melakukan rapat internal dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Harry Kurniawan dan perwakilan tokoh masyarakat. Hasil rapat tersebut diputuskan Pasar Tanah Abang akan dibuka kembali hari ini.

“Kita sudah bertukar pikiran ingin memastikan sebenarnya hasil dari apa yang sudah disampaikan Pak Gubernur (Anies Baswedan) tentang ekonomi di Jakarta ini aman, jadi kita memastikan kalau hari ini Pasar Tanag Abang seluruhnya buka,” ujar Arief.

Dilansir dari cnnIndonesia.com, Anies Baswedan juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak khawatir jika ingin berpergian. Anies memastikan kondisi Jakarta saat ini relatif aman.

“Seluruh masyarakat jangan khawatir pergi ke mana saja karena Jakarta aman. Yang ke toko, yang bekerja di pasar, kantor, sekolah, jalani kegiatan seperti biasa,” katanya.

Anies menambahkan bahwa saat ini hanya Jalan Thamrin saja yang masih belum dibuka sampai nanti pertimbangan keamanan diputuskan untuk bisa digunakan. Selain Jalan Thamrin, daerah Jakarta lainnya sudah aman dan normal.

Penutupan Pasar Tanah Abang diakui memberikan kerugian bagi para penjual yang ada di sana. Dikutip dari hasil wawancara viva.com dengan salah seorang penjual yang bernama Hesti, penjual aneka ragam bed cover, ia mengaku rugi karena kericuhan yang membuat Pasar Tanah Abang tutup.

“Tutup beberapa hari lalu, ya kita rugi. Jutaan sih yang pasti kerugiannya. Makanya, ini sekarang kita buka,”ungkap Hesti.

Menurut Manajer Promosi Pasar Tanah Abang Blok A, Hery Supriatna, kerugian setiap toko perhari berkisar Rp1,5-2 juta, sehingga kerugian secara keseluruhan ditaksir sekitar Rp30-40 juta miliar per hari. Hal itu, dengan perhitungan total kios di Tanah Abang mencapai 20 ribu hingga 25 ribu kios.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: