Sinar Mas, Ajak Masyarakat Peduli Terhadap Lingkungan

0

TANGERANG SELATAN, Teritorial.com – Presiden Joko Widodo pernah mengatakan jika banjir yang terus berulang bukan hanya disebabkan oleh kerusakan lingkungan.

Banjir juga diperparah oleh kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Hal itu berarti budaya memilah sampah perlu ditumbuhkan di ranah keluarga.

Sinar Mas pun tidak tinggal diam dengan situasi itu. Melalui salah satu pilarnya, Sinar Mas telah melakukan sejumlah kegiatan sebagai upaya mewujudkan Program CSR bidang lingkungan.

Contoh program adalah Festival Hijau yang rutin diselenggarakan sejak 2004 sebagai upaya mengampanyekan, melatih, membina, dan gerakan moral, penghargaan, serta promosi terhadap semua aspek lingkungan.

Kepedulian Sinar Mas terhadap lingkungan tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Baru-baru ini, Sinar Mas kembali melakukan aksi nyata untuk membangun budaya memilah sampah.

Pilah sampah mulai dari rumah

Sinar Mas mulai berupaya membudayakan pilah sampah dari rumah melalui salah satu pilar usahanya pada warga klaster Victoria River Park dan Greencove, BSD City, Tangerang Selatan.

Upaya itu dilakukan dengan mengedukasi warga di sana untuk memilah sampah rumah tangga, mengonversinya menjadi uang, dan menyalurkannya untuk masyarakat kurang mampu.

Hingga ujung Februari 2020, warga sudah lima kali berkumpul untuk belajar dan mempraktikkan cara mendaur ulang sampah.

Sampah organik mereka jadikan bahan baku pembuatan barang kebutuhan sehari-hari seperti pembersih lantai dan sabun cuci piring.

“Kegiatan seperti ini merupakan bentuk kesadaran warga terhadap pentingnya memilah sampah, khususnya sampah plastik,” kata seorang warga bernama Ketty di Tangerang Selatan, Sabtu (22/02/2020) dalam keterangan tertulis. Ia melanjutkan, kegiatan pilah sampah itu diharapkan menjadi kebiasaan di klusternya dan bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu. Pentingnya pilah sampah pun kian terasa saat banjir besar melanda Jabodetabek awal Januari 2020. Saat itu, 119 titik di Kota Tangerang Selatan sempat terendam banjir.

Banjir menghasilkan tak kurang dari 130 ton sampah. Menurut Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, sampah rumah tangga mendominasi tumpukan sampah itu. Saat ini, sudah ada 25 kepala keluarga terlibat dalam awal kegiatan pilah sampah itu, sehingga belum dihitung berapa sampah yang dipilah. Meski demikian, inisiatif untuk membangun budaya peduli lingkungan mulai dari rumah telah mereka mulai sebagai bagian dari keseharian.

Share.

Comments are closed.