Diskusi Panel Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021 Digelar Virtual

0

JAKARTA, Teritorial.com – Sebanyak 175 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-59 TA. 2021 mengikuti Diskusi Panel Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang berlangsung secara virtual di Ruang Tunggu Dosen Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat (09/07). Kegiatan ini dibuka Wakil Komandan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr Opsla mewakili Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han)., dihadiri Kepala Departemen Ilmu Pengetahuan Teknologi (Kadepiptek) Seskoal Kolonel Laut (E) Ir. Tunggul Puliwarna, M.T dan Kepala Sub Departemen Bahasa (Kasubdep) Depiptek Seskoal Letkol Laut (P) Henry Mujoko, M.A.P.

Pada Diskusi Panel Bidang Iptek kali ini mengambil tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi Maritim Dalam Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut”, dengan menghadirkan dua panelis yaitu panelis pertama Dekan Sekolah Tinggi Ilmu Elektro Dan Informatika Institut Teknologi Bandung Dr. Tuntun Juhana, S.T., M.T., dengan materi “Cyber Security Tantangan dan Mitigasi”. Sedangkan panelis kedua Dosen Prodi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pertahanan Republik Indonesia Kolonel laut (P) Ruby Alamsyah, M.Han dengan membawakan materi mengenai “Operasi Siber Pemanfaatan Teknologi Informasi (Maritim) dalam mendukung tugas TNI AL”. Dalam Diskusi Panel tersebut selaku moderator Mayor Laut (E) Fajar Nugroho, S.T., didampingi Notulis Mayor Laut (E) Sugiarto, S.T.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) dalam sambutan yang dibacakan Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr Opsla, mengatakan pelaksanaan Diskusi Panel Bidang Iptek ini merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan berdasarkan Program Kerja Seskoal TA 2021, sebagai salah satu wadah bagi para Perwira, Dosen, dan Pasis Dikreg dalam menyampaikan ide maupun gagasan akademis untuk berkontribusi dalam pembahasan terkait perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dalam hal ini adalah perkembangan Teknologi Informasi Siber dalam lingkup cyber security.

Sesuai dengan tema yang diambil tersebut memiliki nilai penting bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi membawa berbagai implikasi yang sangat kompleks dalam kehidupan manusia dan hubungan antar negara. Terlebih lagi sejak dikenalnya teknologi informasi yang berbasis internet sehingga seolah-olah dunia menjadi tidak berjarak dan tidak terbatas, sehingga berpotensi dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengganggu stabilitas suatu negara maupun kawasan tertentu. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya konkret khususnya dalam bidang teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan untuk menghadapi ancaman siber sekaligus sebagai salah satu strategi pertahanan negara berdasarkan perkembangan lingkungan strategis global.

“Melalui kegiatan Diskusi Panel ini diharapkan akan diperoleh tambahan wawasan dan pemahaman bersama terkait pemanfaatan teknologi informasi siber yang berkembang sedemikian pesat sehingga muncul suatu gagasan strategis dalam menghadapi ancaman yang dapat ditimbulkan khususnya dalam mendukung tugas TNI AL,” ujar Komandan Seskoal dalam sambutannya.

Pelaksaan diskusi ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang menyampaikan “Bangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan professional serta tangguh menghadapi segala ancaman”.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: