Mengenal Satgultor 81, Pasukan Anti-Teror Komando Pasukan Khusus

0

Jakarta – Sudahkah Anda mengenal Satgultor 81, pasukan elite rahasia yang dibentuk Prabowo Subianto dan Luhut Panjaitan?

Meskipun dikenal sebagai seorang komandan komando cadangan strategis angkatan darat Letjen TNI (Purn.) Prabowo Subianto Djojohadikusumo juga pernah memimpin satuan Anti-teror Komando Pasukan Khusus. Lantas, bagaimana kiprah Prabowo saat itu? Dikutip dari buku Kopassus: Inside Indonesia’s Special Forces, pada 1983 Prabowo yang masih berpangkat Kapten Inf TNI ditugaskan bersama Mayor Inf TNI Luhut Binsar Panjaitan untuk menempuh pendidikan anti-teror di Grenzschutzgrupppe 9 (GSG-9), satuan anti-teror milik Kepolisian Federal Jerman.
Setelah itu, Prabowo terpilih menjadi Wakil Komandan Detasemen 81 (Penanggulangan Teror) atau Sat-81/Gultor Kopassus, sementara luhut berposisi sebagai Komandannya.

Pasukan tersebut benar-benar rahasia. Saking rahasianya, keluarga pun tak tahu tugasnya.
Tak banyak yang tahu, Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus yang merupakan bagian dari Komando Utama (Kotama) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, ternyata memiliki sebuah pasukan elit yang bernama Sat-81.
Bahkan Sat-81 disebut-sebut sebagai tim terbaik Kopassus yang selama ini dikenal memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

Sat-81 adalah Pasukan Satuan Penanggulangan Teror 81 atau dikenal juga dengan Satgultor 81.
Satgultor 81 adalah satuan elit Kopassus yang dibentuk oleh Luhut Panjaitan dan Prabowo Subianto pada tahun 1981.Peran dan fungsi Satuan Penanggulangan Teror 81 (Satgultor 81) adalah adalah sebagai satuan anti-teror Kopassus.

Dalam penugasan, Sat-81 bergerak dalam unit kecil yang disebut Seksi dengan berkekuatan hanya 10 orang atau Unit 4-5 orang.
Untuk penyamaran, Sat-81 tidak mengenakan tanda kepangkatan di lapangan.
Dengan informasi yang serba terbatas, diperkirakan Sat-81 saat ini berkekuatan 1000-an personel. Masa penugasan juga ketat.
Satgultor dilatih untuk bergerak dalam unit kecil, dengan durasi sangat cepat, bukan lagi dalam hitungan jam, tapi menit.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: